The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Kebiasaan Ini Dapat Mengganggu Kualitas  Tidur
Ilustrasi kualitas tidur yang terganggu (Pexels/Andrea Piacquadio)
Health

6 Kebiasaan Ini Dapat Mengganggu Kualitas Tidur

Sabtu, 14 Maret 2020 12:32 WIB 14 Maret 2020, 12:32 WIB

INDOZONE.ID - Setiap orang membutuhkan tidur yang cukup, rata-rata orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur setiap hari, namun kebiasaan dan gaya hidup dapat mengganggunya.

Menurut National Institute For Health, gangguan tidur dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan fisik dan mental. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kualitas tidur.

Apa saja ya?

1. Makan malam terlambat

Makan malam setelah jam 10 malam, itu akan memengaruhi tidur. Jadi usahakan untuk tidak makan malam setelah jam 10 malam.

2. Makan jeruk di malam hari

Makan jeruk atau grapefruit di malam hari, bukan ide yang baik. Sebab buah jeruk dapat menyebabkan mulas dan akan membuat gelisah saat tidur.

3. Tidur dengan perut kosong

Tidur dengan perut kosong atau perut kenyang sebelum tidur dapat memengaruhi tidur. Makan terlalu banyak saat makan malam juga tidak akan membuat nyenyak. Tunggulah hingga dua atau tiga jam setelah makan malam untuk tidur.

4. Bermain ponsel di tempat tidur

Cahaya yang keluar dari ponsel memengaruhi ritme sirkadian tubuh dan merangsang produksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan. Ini menyebabkan hambatan dalam tidur.

5. Mencuci wajah dengan air dingin

Mencuci wajah dengan air dingin sebelum tidur dapat memengaruhi tidur. Sebab air dingin merangsang tubuh melepaskan energi untuk membuat tetap terjaga. Jadi, basuhlah wajah dengan air hangat sebelum tidur.

6. Kopi

Minum kopi sebelum tidur dapat mempengaruhi tidur. Kandungan kafein dalam kopi bekerja sebagai stimulan yang meningkatkan kewaspadaan, yang dapat mengganggu tidur.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US