5 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D
Ilustrasi foto susu. (Unsplash/Anita Austvika)
Health

5 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D bisa buat mood turun.

Kamis, 29 Agustus 2019 12:21 WIB 29 Agustus 2019, 12:21 WIB

INDOZONE.ID - Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, kandungan tersebut memiliki beberapa manfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ketika seseorang kekurangan vitamin D dapat ditandai oleh beberapa hal. Melansir situs Body and Soul (29/8) berikut INDOZONE rangkum 5 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D.

1. Lemah dan Nyeri Otot

nyeri otot
Ilustrasi nyeri otot. (Pixabay/Wolfgang Claussen)

Vitamin D memliki peranan penting dalam fungsi otot manusia, ketika seseorang kekurangan asupan tersebut tentu berpengaruh pada otot itu sendiri. Efek yang ditimbulkan adalah lemah serta nyeri pada otot.

2. Lelah

kelelahan
Ilustrasi lelah. (Pixabay/Free-Photos)

Sering cepat merasa lelah? hal tersebut bisa jadi penanda kalau kamu kekurangan vitamin D. Kelelahan tersebut merupakan akibat dari kelemahan otot yang terjadi karena kurangnya asupan vitamin D. Coba deh untuk mengonsumsi asupan dengan kandungan vitamin D, di antaranya adalah:

  • Produk susu
  • Ikan salmon
  • Kuning telur

3. Mood Buruk

sedih
Ilustrasi sedih. (Pixabay/Alexas_Fotos)

Ketika kamu sedang alami mood yang begitu rendah, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal yang di antaranya adalah cuaca atau suasana. Tapi #KAMUHARUSTAU kalau ternyata memiliki peran dalam mood seseorang. Vitamin D berkontribusi dalam pembentukan saraf di area otak yang berkaitan dengan mood seseorang.

4. Sering Batuk dan Pilek

batuk
Ilustrasi batuk. (Pixabay/nastya_gepp)

Mungkin kebanyakan orang akan berpikir kalau batuk dan pilek berhubungan dengan kekebalan tubuh yang erat kaitannya dengan asupan vitamin C. Hal tersebut memang ada benarnya, tapi ternyata vitamin D sendiri punya peranan penting dalam mencegah infeksi saluran atas meliputi rhinitis, radang amandel dan radang tenggorokkan.

5. Gangguan Pertumbuhan

orang lompat
Ilustrasi tubuh dengan pertumbuhan sehat. (Pixabay/Tasy Hong)

Vitamin D memiliki peran penting untuk tubuh yang salah satunya adalah pertumbuhan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D sendiri bisa berakibat pada gangguan pertumbuhan seseorang.

Itulah beberapa tanda kalau tubuh kamu kekurangan vitamin D, yuk perhatikan asupan vitamin untuk tubuh kamu. Semoga artikel ini memberikan manfaat buat kamu semua, tetap ikuti berita maupun artikel menarik lainnya, hanya di INDOZONE.

TAG
Indozone
Indozone Media

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU