The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Ditahan, Ini Alasan Bersin Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi bersin. (Pexels/Brandon Nickerson)
Health

Jangan Ditahan, Ini Alasan Bersin Baik untuk Kesehatan

Mengeluarkan kotoran.

Selasa, 11 Februari 2020 20:09 WIB 11 Februari 2020, 20:09 WIB

INDOZONE.ID - Bersin sering dimulai dengan rasa geli di hidung. Tapi bersin tak hanya melibatkan hidung, melainkan interaksi kompleks antara hidung, otak, dan berbagai otot di seluruh tubuh.

Direktur Rhinologi dan Wakil Ketua Urusan Klinis di Mount Sinai Health System, di New York, Satish Govindaraj, M.D mengatakan penyebab utama bersin adalah beberapa jenis iritasi pada lapisan hidung yang memicu tubuh untuk mengeluarkan zat asing.

Ia melanjutkan, hidung dirancang untuk menyaring udara yang dihirup secara alami yang juga bertindak sebagai perangkat kotoran dan bakteri. Hal ini membuat bersin adalah salah satu hal yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari Goodhousekeeping, Selasa (11/2/2020), ini alasan bersin baik untuk kesehatan.

Menghilangkan Kuman

Mukosa pada hidung dapat memicu bersin ketika ada zat asing, seperti virus berbahaya atau pemicu alergen. Bersin adalah sinyal yang dikirimkan ke batang otak untuk mengetahui kamu tengah bersentuhan dengan sesuatu yang berbahaya melalui udara.

Mengeluarkan Kotoran

Dengan bersin, kotoran keluar melalui hidung. Ini sebabnya kamu tidak boleh mencubit hidung saat bersin. Jika menahannya, sama saja dengan menahan kotoran di dalam hidung.

Bersin Lebih dari Sekali Pertanda Baik

Biasanya bersin terjadi lebih dari sekali atau beberapa kali berturut-turut. Ini artinya tubuhmu bekerja ekstra keras untuk menyingkirkan bakteri atau berbagai pemicu alergen.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US