Tips Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan
Ilustrasi/ultimagz.com
Health

Tips Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Sabtu, 28 Desember 2019 11:24 WIB 28 Desember 2019, 11:24 WIB

INDOZONE.ID - Menjaga kesehatan sangat penting terutama di musim hujan. Tubuh cenderung mudah terserang virus sehingga menyebabkan flu, pilek atau masuk angin di musim hujan.

Daya tahan tubuh yang kuat menjadi benteng untuk melindungi diri dari berbagai macam  virus penyakit. Agar tidak tumbang selama musim hujan, berikut beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

1. Mandi Setelah Terkena Hujan

tips jaga kesehatan selama musim hujan
Ilustrasi/esnoticia.co

Mandi dengan air hangat setelah kehujanan berguna untuk melindungi tubuh dari kuman penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh sepanjang musim hujan.

2. Makan dan Minum yang Hangat

tips jaga kesehatan selama musim hujan
Ilustrasi/pinterest.com

Konsumsi makanan dan minuman hangat di musim hujan adalah cara terbaik untuk menghangatkan tubuh. Coklat panas dan sup panas adalah pilihan yang tepat. Cara ini bisa mencegah kamu terhindar dari masuk angin.

3. Jaga Kebersihan Lingkungan

tips jaga kesehatan di musim hujan
Ilustrasi/hometone.com

Kebersihan adalah kunci dari segalanya. Saat musim hujan, orang- orang lebih memilih untuk berdiam diri di rumah dan menutup jendela. Meski demikian kuman bisa menyebar dari mana saja. Tetap jaga kebersihan dan cuci tangan teratur.

4. Konsumsi Vitamin C

tips jaga kesehatan selama musim hujan
Ilustrasi/pinterest.com

Bahan seperti paprika dan nanas bisa kamu tambahkan ke makanan karena kaya akan vitamin C. Vitamin C baik untuk membantu proses penyembuhan flu. Asupan sehat yang mengandung vitamin C bisa memperkuat antibodi dan menjadi suplemen bagi tubuh.

5. Sedia Payung atau Jas Hujan

tips jaga kesehatan saat musim hujan
Ilustrasi/pinterest.com

Gunakan payung atau jas hujan jika terpaksa harus menerobos hujan. Hal ini berguna untuk menjaga kehangatan tubuh dan membatasi aliran darah ke kaki. Menurut penelitian, saat tubuh kedinginan akibat hujan khususnya bagian kaki, akan rentan terserang flu.

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US