The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini 4 Alasan Kenapa Wanita Tidak Dapat Menghasilkan ASI yang Cukup
Ilustrasi ibu menyusui (freepik)
Health

Ini 4 Alasan Kenapa Wanita Tidak Dapat Menghasilkan ASI yang Cukup

Senin, 23 November 2020 12:38 WIB 23 November 2020, 12:38 WIB

INDOZONE.ID - ASI merupakan makanan bayi yang paling baik untuk dikonsumsi sejak lahir hingga sampai usia enam bulan. Namun pada kenyataannya masih banyak wanita yang tidak memiliki ASI yang cukup, hal ini  tentu menjadi sedikit mengkhawatirkan.

Nah, dilansir dari Times of India, berikut ini berapa alasan kenapa tidak menghasilkan ASI yang cukup.

1. Masalah hormonal

ASI diproduksi ketika hormon memberi sinyal ke payudara, jika hormon rusak akan menghambat suplai ASI. KOndisi seperti PCOS, diabetes, dan tiroid rendah dapat meningkatkan peluang untuk menghasilkan ASI rendah.

2. Operasi payudara

Operasi payudara dapat menyebabkan pembentukan fibroid yang berdampak pada saluran susu. Berapa banyak susu yang diproduksi tergantung pada kerumitan pembedahan.

3. Obat selama persalinan

Wanita selama persalinan diberi obat yang dapat mempengaruhi produksi ASI mereka. Obat-obatan tersebut diberikan untuk menginduksi persalinan. Tapi untungnya obat-obatan ini hanya menghambat suplai ASI dalam waktu singkat.

4. Jaringan kelenjar tidak mencukupi

Masalah ini terjadi pada ibu baru melahirkan, pada kondisi ini saluran susu tidak terbentuk dengan baik sehingga menghambat suplai ASI. Untuk merangsang saluran ASI, selalu disarankan untuk membiarkan bayi menyusu pada puting.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US