The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Manusia Punya Bakat Alami Musik Sejak Lahir?
Ilustrasi anak mendengarkan musik (Pexels/Andrea Piacquadio)
Health

Benarkah Manusia Punya Bakat Alami Musik Sejak Lahir?

Senin, 08 Juni 2020 15:25 WIB 08 Juni 2020, 15:25 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan sebuah penelitian baru menemukan manusia yang memiliki bakat musik mungkin dilahirkan dengan kemampuan alami untuk membedakan tinggi rendah dalam musik.

Dalam penelitian itu, peneliti mengamati 30 bayi berusia enam bulan yang masing-masing mendengar campuran nada. Campuran nada itu merupakan serangkaian catatan yang sifatnya (mayor vs minor) memberi isyarat lokasi (kanan vs kiri) tempat gambar akan muncul.

Bayi tersebut harus memutuskan sisi mana yang akan dilihat saat mereka mendengar suara dan sebuah gambar akan muncul di kanan atau kiri, itu tergantung pada apakah nada tersebut mayor atau minor.

Dilansir dari Malay Mail, Senin (8/6/2020) yang diterbitkan dalam jurnal of Acoustical Society of America. Hasilnya menunjukkan sebanyak 33 persen bayi setelah mendengar suara minor dan mayor gerakan mata diperkirakan di mana gambar akan berada dengan akurasi yang nyaris sempurna. Sementara sebanyak 67 persen bayi, pergerakan mata tidak terkait dengan lokasi gambar.

Scott Adler yang merupakan peneliti dalam penelitian tersebut mengatakan apa yang diukur dari waktu ke waktu ialah bagaimana bayi mempelajari hubungan antara nada yang didengar dan di mana gambar akan muncul.

Penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya tentang orang dewasa. Di mana hasilnya menunjukkan 30 persen orang dewasa bisa membedakan antara nada mayor dan minor. Sementara 70 persen tidak bisa membedakannya.

Hasil dari penelitian ini tidak hanya mendukung kepercayaan umum bahwa musisi dilahirkan dengan bakat musik, tapi juga menunjukkan kemampuan alami yang bersifat genetik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US