The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Cara Mengatasi Duka karena Kehilangan Orang yang Dicintai
Ilustrasi kesedihan kehilngan orang yang dicintai (freepik)
Health

5 Cara Mengatasi Duka karena Kehilangan Orang yang Dicintai

Selasa, 15 Desember 2020 12:08 WIB 15 Desember 2020, 12:08 WIB

INDOZONE.ID - Kehilangan orang yang dicintai, baik itu keluarga atau bukan, tidak pernah mudah. Meskipun kematian dapat mengakhiri hidup, kematian tidak mengakhiri hubungan atau keterikatan.

Duka adalah bagian hidup yang tak terhindarkan setelah kehilangan orang yang dicintai dan kesedihan adalah proses penyembuhan yang unik untuk setiap individu. Duka tidak hanya memengaruhi pikiran dan emosi, tetapi juga kesehatan.

Dilansir dari News 18, sebuah studi yang diterbitkan dalam Psychosomatic Medicine pada 2019 menunjukkan bahwa morbiditas dan mortalitas setelah kematian orang yang dicintai cenderung meningkat.

Nah, berikut ini cara mengatasi kesedihan yang bisa kamu lakukan:

1. Jangan mengisolasi

Meskipun merasa kesepian setelah kehilangan adalah hal yang wajar, lebih penting lagi untuk tidak memutuskan hubungan sepenuhnya. Isolasi dapat memperburuk perasaan dan kesehatan.

2. Bersikaplah lembut

Rangkullah emosi dan jangan menilai diri sendiri karena berduka atau merasakan emosi lain. Kamu tidak harus selalu bersama selama ini. Luangkan waktu untuk memproses perasaan.

3. Istirahat lebih banyak

Kejutan dan stres karena kehilangan dapat menguras tenaga secara fisik dan emosional, dan wajar jika kaum merasa lebih lelah. Jadi, penting untuk mendapatkan lebih banyak istirahat dan tidur untuk memulihkan diri.

4. Jangan mengabaikan nutrisi

Meskipun makanan mungkin tidak selalu kamu pikirkan, penting untuk menjaga asupan nutrisi untuk menjaga tingkat energi dan kekebalan. 

5. Lihat ke depan

Melangkah ke depan bisa terasa sangat berat. Jadi, tentukan sendiri beberapa tujuan kecil, jangka pendek, dan dapat dicapai di awal dan bekerja untuk itu. Ini tidak hanya membantu kamu kembali ke rutinitas tetapi juga menghasilkan harapan untuk masa depan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US