The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Indonesia Semakin Baik, Bukti Nyata Vaksin Sinovac Tak Kalah Dengan Pfizer
Vaksin Sinovac (REUTERS/DADO RUVIC)
Health

Indonesia Semakin Baik, Bukti Nyata Vaksin Sinovac Tak Kalah Dengan Pfizer

Kamis, 14 Oktober 2021 09:40 WIB 14 Oktober 2021, 09:40 WIB

INDOZONE.ID - Seperti yang kita ketahui, vaksin pertama yang digunakan Indonesia adalah vaksin asal China, Sinovac. Banyak yang menentang vaksin ini. Namun nyatanya, vaksin ini malah 'berhasil' di Indonesia.

Buktinya sekarang ini, Indonesia berhasil menurunkan kasus aktif yang sebelumnya sampai 500 ribuan dan kasus kematian yang cukup tinggi serta angka harian yang terkena positif COVID-19.

Dulunya, bahkan mungkin hingga saat ini, banyak yang menganggap bahwa vaksin Sinovac adalah vaksin yang kurang efektif. Namun hal ini tak sesuai karena sangat efektif. Seperti yang diutarakan Ahli epidemiologi, Pandu Riono dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).

"Dan ini salah satu adalah akibat dari pada vaksinasi, dan vaksinasi di Indonesia menggunakan vaksinasi yang masih dianggap orang kurang efektif, padahal efektif, Sinovac efektif, nggak kalah sama Pfizer mRNA kan," ujarnya.

"Jangan terlalu curiga, kalau nggak efektif akan banyak sekali kematian, itu Indonesia akan bisa mengendalikan pandemi," kata Pandu.

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Indonesia bukan berarti tak bisa melonjak. Maka dari itu, ia mengimbau agar masyarakat tak lengah dengan penurunan kasus COVID-19 di Indonesia.

Malah dirinya berharap agar terus memantau laju COVID-19 di Indonesia dan mematuhi protokol kesehatan. Dan yang paling utama adalah segera melakukan vaksinasi COVID-19.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US