The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

10 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan yang Terbukti Berkhasiat, Bisa Cegah Depresi
Ilustrasi kunyit putih. (Freepik)
Health

10 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan yang Terbukti Berkhasiat, Bisa Cegah Depresi

Minggu, 22 Mei 2022 05:30 WIB 22 Mei 2022, 05:30 WIB

INDOZONE.ID - Kunyit putih disebut juga Zedoaria atau Amba Haldi merupakan salah satu tanaman yang berasal dari India dan Indonesia, yang kini sudah banyak dibudidayakan di Eropa dan Amarika Serikat.

Kunyit putih sudah lama digunakan sebagai obat tradisional, jadi tidak heran kalau kunyit putih memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Mengandung antioksidan, berikut ini beberapa manfaat dari kunyit putih yang harus kamu ketahui:

1. Baik untuk pencernaan

Sejak ribuan tahun lalu, kunyit putih digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, terutama di saluran pencernaan. Kandungan antimiktoba yang ada pada kunyit putih membantu mengatasi masalah pencernaan. Sehingga membatu kamu buang air besar dengan lancar dan terhindar dari perut kembung.

Baca juga: Tak Hanya Jadi Bumbu Dapur, Kunyit Bisa Dipakai Masker Wajah

2. Menurunkan kadar gula

Makan kunyit putih dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah. Namun, masih membutuhkan penelitian medis untuk membuktikan manfaat tersebut.

3. Obat maag

Tepung dari akar kunyit putih diduga dapat mengurangi  jumlah dan keasaman cairan lambung sehingga dapat digunakan sebagai obat tukak. Hanya saja masih dibutuhkan penelitian klinis pada manusia.

4. Meredakan peradangan dan nyeri

Kunyit putih adalah agen anti-inflamasi yang membantu mengobati peradangan, luka, dan penyakit kulit lainnya. Yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Indonesia. Selain itu, kunyit putih juga dapat melindungi paru-paru pasien asma dengan membatasi pelepasan mediator inflamasi selama terapi jangka pendek.

5. Anti kanker

Kunyit putih dipercaya berperan penting dalam penghambatan metastasis kanker atau penyebaran kanker dari suatu organ ke organ lain. Namun, efektivitasnya untuk mengatasi kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

6. Mengatasi masalah pada kewanitaan

Kunyit putih diduga dapat mengobati keluhan kewanitaan seperti keputihan, meredakan nyeri saat haid, dan memperlancar haid.

7. Mengurangi asma

Mengonsumsi kunyit putih membantu mengurangi obstruksi jalan napas dan dapat bermanfaat untuk asma.

8. Membantu depresi

Kandungan kurkumin dalam kunyit putih dapat membantu mengatasi depresi. Penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research edisi April 2014 menunjukkan bahwa kurkumin dapat digunakan sebagai pengobatan depresi.

9. Obat antinyeri

Kunyit putih dipercaya dapat digunakan sebagai analgesik atau obat untuk menghilangkan rasa sakit. Namun, efek analgesik ini tergantung pada berapa banyak dosis yang digunakan.

10. Menurunkan demam

Ekstrak etanol dalam kunyit putih juga bisa digunakan sebagai obat penurun demam layaknya paracetamol. Tak hanya itu, ekstrak etanol juga berkhasiat sebagai obat antinyeri untuk mengatasi diare.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US