Tinggi Nutrisi, Inilah Kebaikan Bayam Merah untuk Kesehatan
Ilustrasi bayam merah. (indiamart.com)
Health

Tinggi Nutrisi, Inilah Kebaikan Bayam Merah untuk Kesehatan

Rabu, 26 Februari 2020 12:38 WIB 26 Februari 2020, 12:38 WIB

INDOZONE.ID - Sayur bayam memang terkenal mempunyai banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan. Selain berwarna hijau, ada juga bayam yang berwarna merah. Keduanya pun sama-sama bernutrisi tapi ada perbedaannya.

Bayam merah dapat diolah dengan mudah. Teksturnya halus dengan rasa yang manis. Daun dan batangnya berwarna merah karena mengandung cairan merah. Berikut sederet manfaat bayam merah untuk kesehatan tubuh.

1. Atasi Anemia

bayam merah unutk atasi anemia
Ilustrasi peredaran darah. (everydayhealth.com)

Sumber zat besi yang baik dapat diperoleh dari bayam merah maupun hijau. Zat besi dikenal baik untuk perkembangan aliran darah yang membantu mengatasi anemia. Rutin makan bayam merah dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan memurnikan darah. Efek ini dapat mencegah anemia secara alami. Bayam merah juga tinggi kandungan air yang dapat mengatasi lelah dan lesu akibat anemia.

2. Sehatkan Mata

bayam merah sehatkan mata
Ilustrasi mata.(Unsplash/@jcgellidon)

Vitamin A, C, dan E yang berguna untuk kesehatan mata terdapat dalam bayam merah. Vitamin A berperan penting dalam kesehatan penglihatan dan kornea. Selain itu vitamin E termasuk antioksidan kuat sehingga mampu melindungi sel-sel mata dari kerusakan oleh radikal bebas. Sedangkan vitamin C berguna untuk produksi kolagen yang membantu memperkuat kapiler, termasuk yang memberi nutrisi ke retina, dan mencegah katarak.

3. Baik untuk Ibu Hamil

bayam merah baik untuk ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil. (Unsplash/@amseaman)

Vitamin dan mineral dalam bayam baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Konsumsi bayam dua kali seminggu selama kehamilan dapat mengurangi risiko anemia yang disebabkan kekurangan zat besi. Selain itu juga membantu perkembangan otak janin dan kelancaran persalinan. Konsumsi bayam selama menyusui juga dapat membantu meningkatkan kualitas ASI.

4. Meredakan Disentri

bayam merah atasi disentri
Ilustrasi saluran pencernaan. (nytimes.com)

Serat larut dalam sayur bayam merah  membantu menyerap air dan membersihkan saluran pencernaan. Zat antosianin dalam bayam merah juga membantu membasmi bakteri penyebab disentri.

5. Bantu Penurunan Berat Badan

bayam merah untuk turunkan berat badan
Ilustrasi menimbang berat badan. (marketwatch.com)

Konsumsi bayam merah dapat membantu melepas hormon yang mengurangi nafsu makan. Bayam merah juga mengandung protein yang dapat mengurangi kadar insulin dalam darah. Kandungan serat dalam bayam membantu menekan rasa lapar sehingga kenyang lebih lama. Kalori yang terdapat dalam bayam juga tergolong rendah. Hal ini tentu berguna untuk proses penurunan berat badan.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Zal
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU