The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Asupan Nutrisi Penting pada Ibu Hamil
Ilustrasi ibu hamil. (FREEPIK)
Health

Asupan Nutrisi Penting pada Ibu Hamil

Perlu diperhatikan.

Rabu, 11 Maret 2020 15:22 WIB 11 Maret 2020, 15:22 WIB

INDOZONE.ID - Kamu tahu nggak sih, kalau fase tiga bulan pertama merupakan momen paling berharga bagi ibu hamil? Karena fase ini merupakan awal dari perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi calon orangtua memenuhi bekal yang cukup di kemudian hari. Seorang calon ibu harus memastikan asupan makanan karena hal ini memengaruhi kualitas 1000 hari pertama kehidupan anak. 

Momen 1000 Hari Pertama Kehidupan dihitung dari 9 bulan atau 270 hari dalam kandungan serta 2 tahun pertama setelah lahir setara dengan 730 hari. Momen ini menjadi momen krusial untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Sejak masa pembuahan, fase minggu ke-9 hingga tahapan akhir menjadi momen penting dalam pembentukan organ tubuh. Kemudian dilanjutkan dengan perkembangan organ anak hingga tahapan usia 2 tahun. Makanya, apabila calon ibu mengalami kegagalan dalam pemenuhan gizi dan nutrisi saat hamil akan terjadi gangguan pada masa tumbuh kembang anak," kata Ahli Gizi Wahyu Kurnia di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (11/3/2020).

Ahli gizi
Mothercare parenting. (Dok. Mothercare)

Kondisi bayi yang mengalami kegagalan saat pemenuhan nutrisi dan gizi dalam kandungan, biasanya akan mengalami stunting dan berisiko terkena penyakit kronis saat dewasa. Bahkan generasi selanjutnya kemungkinan mengalami hal serupa. Ada baiknya, ibu memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi harian guna mempersiapkan persalinan dan menyusui. 

"Seorang ibu yang fokus memenuhi kebutuhan nutrisi di 1000 hari pertama mampu mencetak anak yang aktif dan produktif. Kamu juga harus tahu, bahwa jumlah asupan makanan dan minuman selama hamil sangat memengaruhi," tambah Senior Vice President Mothercare Indonesia, Vasudev Kataria di acara yang sama. 

Berikut ini jumlah asupan nutrisi dan gizi yang baik dikonsumsi ibu hamil:

  • 6 porsi makan pokok, contoh yang termasuk dalam makanan pokok adalah: nasi, mi, roti, jagung, ubi
  • 3 porsi lauk nabati, contoh yang termasuk dalam lauk nabati adalah: tempe, tahu, kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah
  • 3 porsi lauk hewani, contoh yang termasuk dalam lauk hewani adalah: daging, ayam, ikan, telur, cumi, hati ayam
  • 4 porsi sayur
  • 4 porsi buah
  • 10 gelas air putih

Perlu diingat, selama hamil hindari mengonsumsi makanan mentah seperti sushi, sashimi dan steak medium.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Dinno Baskoro
Syarifah Noer Aulia

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US