Sederet Makanan yang Bisa Membantu Mencegah Penyakit Jantung
Ilustrasi makanan sehat untuk penyakit jantung. (eraliving.com)
Health

Sederet Makanan yang Bisa Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Rabu, 19 Februari 2020 14:19 WIB 19 Februari 2020, 14:19 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu penyakit tak menular yang berpotensi mematikan adalah penyakit jantung. Bahkan terkadang gejalanya pun tidak nampak. Bukan hanya orangtua yang rentan terkena penyakit jantung, generasi muda sekalipun bisa.

Berikut deretan makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung dikutip dari berbagai sumber.

1. Telur

telur
Ilustrasi telur. (Unsplash/@wifecooky)

Telur dikenal kaya akan protein, selain itu telur juga baik untuk jantung lho. Makan telur sangat berpengaruh dengan penurunan resiko penyakit jantung.

2. Ikan Sarden

sarden
Ilustrasi ikan sarden. (Unsplash/@aliyahjam)

Di dalam ikan sarden terkandung asam lemak dan omega 3 yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol. Selain itu ada juga kandungan vitamin B12 yang mampu menjaga kadar homocysteine. Ini adalah hormon yang menjadi penyebab kerusakan dinding arteri dan membuatnya seimbang.

3. Bayam

bayam
Ilustrasi bayam. (Unsplash/@louishansel)

Kesehatan jantung dapat dijaga dengan konsumsi sayuran hijau seperti bayam. Bayam mengandung vitamin K sehingga mampu mengurangi nitrat. Kedua zat itu berguna menjaga jantung, melindungi arteri, dan mengurangi tekanan pada darah.

4. Alpukat

alpukat
Ilustrasi alpukat. (Unsplash/@charlesdeluvio)

Kandungan kalium di dalam alpukat berperan baik dalam menjaga kesehatan jantung. Makan 1 buah alpukat mampu memenuhi kebutuhan kalium tubuh perhari sebanyak 28 persen.

5. Tomat

tomat
Ilustrasi tomat. (Unsplash/@jma1053)

Kandungan likopen dan antioksidan dalam tomat mampu mengurangi resiko penyakit jantung. Tomat juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik serta membersihkan plak di pembuluh darah yang membantu mencegah penyakit jantung.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Zal
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU