Benarkah Saat Hamil Ibu Sering Lupa?
Ilustrasi ibu hamil (Pexels/Nappy)
Health

Benarkah Saat Hamil Ibu Sering Lupa?

Selasa, 28 Januari 2020 13:00 WIB 28 Januari 2020, 13:00 WIB

INDOZONE.ID - Tanda-tanda kalau wanita hamil dapat dilihat dari perubahan fisiknya, seperti payudara yang membesar dan terasa gatal. Tak hanya dari fisik saja, hamil juga dapat ditandai dengan mudahnya lupa. 

Tapi itu benar nggak ya?

Nah, berdasarkan studi di Deakin University, Melbourne, Australia, menyimpulkan bahwa pada ibu hamil terjadi penurunan fungsi kognitif dan memori, sehingga membuat ibu hamil sering lupa.

Kondisi ini pada ibu hamil sering disebut dengan baby brain, dimana kondisi ini membuat ibu sulit untuk berkonsentrasi.

Penurunan daya ingat pada ibu hamil terjadi pada trimester pertama dan ketiga. Saat hamil otak akan bekerja dengan cara yang berbeda dibanding saat tidak hamil.

Itu karena pada trimester ketiga sel-sel otak mengecil, jadi tidak heran saat hamil ibu sering lupa.

Sedangkan menurut hasil studi yang dipublikasi di Nature Neuroscience, saat hamil otak yang bernama grey matter mengalami penyusutan. Grey matter merupakan komponen utama dari sistem saraf pusat.

Penyusutan tersebut terjadi karena sistem saraf akan bekerja pada area yang lebih spesifik, yakni untuk memproses dan merespons tanda-tanda sosial.

Meski demikian tak perlu khawatir karena ini tidak berbahaya sama sekali, kondisi ini juga akan hilang setelah melahirkan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU