Cegah Kanker Payudara dengan Konsumsi Jenis Makanan ini
Ilustrasi/pcpimaging.com
Health

Cegah Kanker Payudara dengan Konsumsi Jenis Makanan ini

Rabu, 15 Januari 2020 16:35 WIB 15 Januari 2020, 16:35 WIB

INDOZONE.ID - Kanker payudara seolah menjadi momok menakutkan bagi kaum wanita. Banyak faktor yang menjadi penyebab penyakit berbahaya ini. Diantaranya adalah makanan tidak sehat, genetika, usia, berat badan, jenis kelamin dan sebagainya.

Berbicara soal makanan, penelitian mengungkapkan bahwa pola makan berperan 35 persen dalam mengurangi resiko kanker payudara. Oleh sebab itu makanan penting diperhatikan untuk mencegah penyakit ini. Berikut daftar makanan yang berguna untuk meminimalisir terkena kanker payudara.

1. Rempah-rempah

kunyit
Ilustrasi/Unsplash/@foodism360

Bumbu dapur atau rempah-rempah seperti kunyit bisa mencegah pertumbuhan sel kanker payudara. Terdapat senyawa kuat bernama kurkurmin dalam kunyit yang bersifat antiiflamasi dan antioksidan yang menghambat perkembangan sel kanker payudara.

2. Sayur

sayur
Ilustrasi/Unsplash/@danielcgold

Kanker payudara dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, kembang kol, kangkung, dan bayam. Jenis sayur ini kaya akan vitamin E, vitamin C, dan vitamin K yang dapat membantu mencegah resiko kanker payudara.

3. Buah

buah
Ilustrasi/Unsplash/@hngstrm

Buah-buahan seperti blueberry, strawberry, dan raspberry hitam kaya akan antioksidan polifenol dan berfungsi sebagai antikanker. Berdasarkan penelitian, buah beri mengandung phytochemical yang telah dikaitkan dengan perkembangan kanker payudara.

4. Biji-bijian

biji
Ilustrasi/Unsplash/@rastler

Beberapa biji-bijian seperti beras merah, oatmeal, jagung, barley, dan farro mengandung sejumlah besar polifenol dan nutrisi lain seperti magnesium, protein dan serat. Semuanya berperan penting dalam mencegah risiko kanker payudara.

TAG
Laila Rahmi Batubara
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU