The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ibu di Tasik Meninggal usai Lomba Balap Karung, Ini Kata Dokter Terkait Kematian Mendadak
Ilustrasi mayat. (Freepik)
Health

Ibu di Tasik Meninggal usai Lomba Balap Karung, Ini Kata Dokter Terkait Kematian Mendadak

Punya riwayat hipertensi.

Kamis, 18 Agustus 2022 11:50 WIB 18 Agustus 2022, 11:50 WIB

INDOZONE.ID - Beredar di media sosial detik-detik seorang ibu muda meninggal dunia usai terjatuh saat mengikuti lomba balap karung di Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.

Wanita bernama Rini dilaporkan memiliki riwayat hipertensi, dia juga baru dua bulan melahirkan.

Dilihat dari video yang beredar luas di media sosial itu, wanita 29 tahun itu awalnya memimpin perlombaan, namun dipertengah perlombaan dia terjatuh. Sempat dibawa ke klinik, namun Rini dinyatakan meninggal dunia.

Mengenai kasus yang dialami wanita asal Tasik ini, dokter Dr Ari Fahrial Syam SpPD memberikan tanggapannya. Menurut dia, ada banyak faktor penyebab kematian mendadak.

"Ketika berbicara mengenai kematian mendadak, ada beberapa faktor penyebab, jadi misalnya karena serangan jantung, kemudian bisa juga karena mengalami pecah pembuluh darah otak, stroke dan langsung meninggal," jelas Dr Ari Fahrial Syam SpPD saat dihubungi Indozone, Kamis (18/8/2022).

Dia juga menambahkan ada hal lain yang juga bisa menyebabkan kematian mendadak. Seperti permasalahan di paru, mengalami gangguan yang juga berlangsung secara tiba-tiba, misalnya pneumothorax. Kondisi tersebut terjadi karena adanya aktivitas fisik yang berlebihan.

Baca juga: Viral Detik-detik Ibu Muda di Tasik Meninggal Usai Jatuh saat Ikut Lomba Balap Karung

"Lomba balap karung ini kan sebenarnya suatu aktivitas yang benar-benar membuat peningkatan aktifitas fisik secara tiba-tiba. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, misalnya dengan latihan atau rutin berolahraga, maka dapat menyebabkan kondisi yang membahayakan," jelasnya.

Menurutnya, sebelum mengikuti perlombaan balap karung sebaiknya memastikan kalau kondisi fisik dalam keadaan sehat.

"Kegiatan yang tiba-tiba ini, tentu bisa, kalau dia penderita masalah jantung akan mengalami serangan jantung, kalau dia memang penderita hipertensi, tensi bisa meningkat dan sampai akhirnya stroke dan akhirnya meninggal dunia," tambahnya.

Dia juga menjelaskan kalau kematian mendadak usai mengikuti perlombaan khususnya saat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia beberapa kali ditemukan.

Menurutnya pasien yang meninggal secara mendadak karena melakukan olahraga yang tidak dipersiapkan dengan baik.

Atas insiden ini, Dr Ari meminta kepada masyarakat yang tidak rutin olahraga, jangan tiba-tiba melakukan aktifitas yang olahraga berat.

Balap karung memang umum dilakukan saat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Namun, sebelum mengikuti kegiatan yang satu ini sebaiknya perhatikan kondisi kesehatan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US