The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hijabers Jangan Panik! Begini Pertolongan Pertama saat Tersedak Jarum Pentul
Jarum pentul (Freepik)
Health

Hijabers Jangan Panik! Begini Pertolongan Pertama saat Tersedak Jarum Pentul

Hati-hati!

Kamis, 07 Juli 2022 16:33 WIB 07 Juli 2022, 16:33 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu masalah yang kerap dialami para wanita berhijab (hijabers) adalah tersedak jarum pentul. Benda asing tersebut bisa masuk ke tenggorokan dan menghambat jalan nafas akibat tak sengaja tertelan.

Terbaru, seorang gadis berusia 19 tahun asal Depok dikabarkan tersedak jarum pentul hingga mengalami batuk darah. Beruntung jarum pentul tersebut dapat dikeluarkan dari dalam rongga parunya setelah tim medis dari RSUP Persahabatan melakukan tindakan pengambilan tanpa operasi.

Baca juga: Ngeri! Gadis di Depok Tersedak Jarum Pentul Sampai Batuk Darah, Begini Tindakan Dokter

Menurut KSM Paru, Divisi Pulmonologi Paru dan Gawat Darurat Napas RSUP Persahabatan, dr Mohamad Fahmi, SpP(K) penangan terhadap kasus seperti ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Apalagi jika yang menyangkut adalah benda logam sehingga pasien benar-benar harus dilarikan ke rumah sakit.

"Kalau benda asing itu berupa logam, kita sangat berharap tidak ada pertolongan pertama yang dibuat oleh bystander (atau) orang yang mendampingi," ucapnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (7/7/2022).

Lebih lanjut, dr Fahmi menerangkan dalam menangani pasien yang tersedak benda logam, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menenangkan pasien agar tidak panik. Selebihnya, segera bawa pasien ke rumah sakit untuk penanganan medis.

Proses pengambilan jarup pentul (Youtube/Mohamad Fahmi Alatas)
Proses pengambilan jarup pentul (Youtube/Mohamad Fahmi Alatas)

"Kalau bendanya berupa logam baik itu jarum pentul atau peniti, baut, skrup, segala macam itu jangan dikeluarkan. Tenangkan saja pasien biar tenang, kemudian si bystander membawanya ke rumah sakit," bebernya.

Sementara itu dilansir dari tayangan edukasi yang disampaikan seorang dokter di kanal Youtube dokter spesialis THT, Dr. dr. Indra Zachreini, kejadian seperti ini dapat terjadi akibat kebiasan buruk menggigit jarum pentul sebelum memakai hijab.

"Sering terjadi kebiasan yang salah, khususnya pada remaja putri yaitu mereka menggigit jarum pentul saat akan menggunakan hijab,” ucapnya. 

“Padahal pada keadaan tertentu jarum pentul ini bisa saja masuk ke rongga mulut, saluran cerna bahkan sampai saluran pernapasan,” sambungnya.

Sehingga biasanya tim dokter akan melakukan tindakan medis menggunakan alat-alat khusus untuk mengeluarkan jarum pentul.

“Jika sudah begini dibutuhkan penanganan khusus di ruang operasi menggunakan pembiusan umum dan menggunakan alat-alat khusus, seperti esofagoskopi dan bronkoskopi,” ujarnya.

Sebelum itu dokter juga akan melakukan foto rontgen untuk mengetahui di mana posisi jarum pentul yang masuk di tubuh.

“Kita lakukan foto rontgen dari kepala dan leher untuk mengetahui di mana posisi jarum pentul itu,” ungkapnya.

Karena prosedur pertolongan tidak bisa dilakukan sembarang orang maka ada baiknya para hijaber berhati-hati dan tidak melakukan kebiasaan buruk menggigit jarum pentul.

“Kami ingatkan untuk tidak melakukan kebiasaan buruk itu lagi dan lebih berhati-hati,” pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US