The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ingin Berhenti Konsumsi Gula? Ini Efek Sampingnya Pada Tubuh
Ilustrasi konsumsi gula. (Freepik/Racool_studio)
Health

Ingin Berhenti Konsumsi Gula? Ini Efek Sampingnya Pada Tubuh

Jumat, 20 November 2020 20:49 WIB 20 November 2020, 20:49 WIB

INDOZONE.ID - Gula seringkali dianggap sebagai makanan yang buruk bagi kesehatan. Tak heran jika banyak orang tua yang merasa khawatir saat anak-anak mereka mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung gula. Namun, bukan hanya bagi anak-anak, gula juga dianggap tak baik jika terlalu banyak dikonsumsi oleh orang-orang dewasa.

Makanan yang mengandung gula memang terasa sangat nikmat. Sayangnya, hal tersebut juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah diabetes. Demi mencegah hal tersebut, banyak orang yang mencoba mengurangi atau menghilangkan asupan gula dalam makanan dan minuman sehari-hari.

Baca Juga: Ini Pola Pikir yang Bisa Membangkitkan Semangat Hidup

Dilansir dari insider, mencoba untuk menghilangkan gula dari hidupmu ternyata bisa memberikan efek samping. Sebab, selama ini tubuhmu telah terbiasa menerima asupan gula atau makanan dan minuman yang manis. Saat hal tersebut hilang, kamu dan tubuhmu akan merasa 'bingung' dengan kondisi tersebut.

Hal ini bisa disebut sebagai masa transisi. Kamu akan merasakan sensasi yang hampir sama seperti seorang perokok yang dipaksa untuk berhenti merokok. Apalagi gula selama ini merupakan sumber makanan yang cukup berpengaruh pada kondisi emosional.

gula, konsumsi gula,
Ilustrasi konsumsi gula. (Freepik/stockking)

Efek samping yang mungkin terjadi saat berhenti mengonsumsi gula adalah kamu akan merasakan mood yang buruk, mudah tersinggung, hingga stres. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami gangguan pada fisik, seperti kelelahan dan sakit kepala. Hal ini disebabkan karena kurangnya nutrisi, sebab banyak sekali makanan-makanan bergizi yang mengandung gula alami.

Jadi, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, kamu perlu nutrisi yang seimbang. Berhenti mengonsumsi gula sama sekali hanya akan berakibat buruk bagi tubuh. Jika kamu ingin lebih sehat, kamu bisa mengonsumsi gula dengan porsi yang cukup dan memilih makanan yang mengandung gula alami.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US