The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Tidak Mudah Lupa
Ilustrasi orang pelupa (photo/freepik/wayhomestudio)
Health

7 Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Tidak Mudah Lupa

Rabu, 03 Maret 2021 22:45 WIB 03 Maret 2021, 22:45 WIB

INDOZONE.ID - Sering lupa karena memiliki daya ingat yang buruk, menjadi masalah yang cukup besar, karena akan mengganggu kinerja kamu sehari-hari.

Daya ingat yang tajam sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas kamu selama proses belajar maupun bekerja.

Tak heran jika banyak orang mencari tahu cara meningkatkan daya ingat agar memori otak dapat memproses informasi dalam jangka waktu yang panjang.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Kalau kamu mau sifat pelupa kamu berkurang, berikut Indozone bagikan cara meningkatkan daya ingat agar tidak mudah lupa.

1. Olahraga


olahraga
photo/freepik/standret

Olahraga ternyata tak hanya bermanfaat untuk tubuh, namun juga bermanfaat untuk otak kamu, loh!

Berdasarkan penelitian Journal of Exercise Rehabilitation, olahraga teratur terbukti mengurangi risiko penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Tak hanya itu, olahraga mampu melindungi otak dari degenerasi dan meningkatkan fungsi memori pada penderita penyakit Alzheimer dini.

Jenis olahraga yang disarankan untuk meningkatkan daya ingat yaitu jalan cepat, berlari, mendaki, berenang, dan menari.

2. Ikut Permainan Melatih Otak


permainan melatih otak
photo/freepik/farknot

Cara meningkatkan daya ingat yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti permainan melatih otak.

Permainan seperti teka-teki silang, permainan mengingat kata, tetris, bahkan aplikasi seluler juga bisa memperkuat memori otak kamu.

Sebuah studi yang diterbitkan International Journal of Neuropsychopharmacology, orang dewasa yang bermain permainan melatih otak, mengalami peningkatan kinerja memori otak.

Studi lain pada tahun 2015, peserta yang mengikuti permainan melatih otak, mengalami peningkatan memori jangka pendek, memori kerja, konsentrasi, dan pemecahan masalah.

3. Meditasi


meditasi
photo/freepik/nakedcm

Meditasi tak hanya mampu membuat kamu rileks dan tenang, namun juga bisa meredakan stres dan mengurangi rasa sakit.

Selain itu, meditasi juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan daya ingat menjadi lebih tajam.

Melansir dari Healthline, teknik meditasi dan relaksasi terbukti meningkatkan daya ingat jangka pendek orang-orang dari segala usia, mulai dari usia 20-an hingga orang tua.

Orang yang melakukan meditasi juga memiliki memori kerja parsial lebih baik daripada mereka yang tidak meditasi.

4. Tidur yang Cukup


tidur yang cukup
photo/freepik/senivpetro

Tidur memainkan peran penting dalam proses konsolidasi memori, yakni mengubah ingatan jangka pendek menjadi ingatan jangka panjang.

Itulah sebabnya, kalau kamu kurang tidur, akan berdampak negatif pada daya ingat, karena memori otak mengalami gangguan kognitif.

Tidur malam yang nyenyak, sekitar 7-9 jam, bisa membantu otak kamu memproses dan menyimpan ingatan dalam jangka panjang.

Studi lain menemukan bahwa perawat yang bekerja pada shift malam, membuat kesalahan matematis lebih banyak dan nilai tes memorinya lebih rendah daripada perawat yang bekerja pada shift siang.

5. Minum Kafein


minum kafein
photo/freepik/azerbaijan-stockers

Kafein pada kopi dan teh, ternyata mampu meningkatkan daya ingat kamu, karena dapat merangsang otak untuk menyimpan memori.

Frontiers in Psychology menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi kafein di pagi hari, berhasil meningkatkan daya ingat jangka pendek.

Menurut studi tahun 2014, mengonsumsi kafein setelah tes memori dapat meningkatkan otak partisipan menyimpan memori dalam jangka panjang.

Jadi, kalau kamu sedang kewalahan untuk menghafal materi atau menghadapi ujian penting, jangan lupa konsumsi kafein, ya!

6. Konsumsi Cokelat Hitam


konsumsi cokelat hitam
photo/freepik/valeria-aksakova

Selain kafein, cokelat hitam juga baik untuk mendukung dan membantu meningkatkan fungsi otak.

Kandungan flavonoid kakao pada cokelat hitam, merupakan senyawa aktif yang meningkatkan aliran darah ke otak.

Menurut studi tahun 2011, orang yang makan cokelat hitam memiliki kinerja yang lebih baik saat tes memori spasial daripada mereka yang tidak mengonsumsi cokelat hitam.

Namun pastikan cokelat yang kamu makan adalah cokelat hitam ya, bukan cokelat dengan campuran susu yang tinggi gula.

7. Kurangi Asupan Gula


kurangi asupan gula
photo/freepik/user6007887

Kamu pernah enggak merasa lemot setelah makan atau minum yang manis-manis? Ternyata kandungan gula pada makanan manis bisa menurunkan daya ingat!

Sebuah penelitian terhadap orang yang suka minum soda, volume otaknya lebih rendah dan ingatannya lebih buruk daripada mereka yang tidak suka minum soda.

Volume otak yang rendah bisa menyebabkan efek samping dalam jangka waktu yang panjang, seperti timbulnya penyakit Alzheimer.

Mulai sekarang, sebaiknya kamu kurangi asupan gula ya, selain enggak baik untuk otak juga enggak baik untuk tubuh kamu.

Nah, itu dia cara meningkatkan daya ingat dengan langkah mudah yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel Menarik Lainnya:

Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US