The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Dia Berbagai Jenis Olahraga untuk Meredakan Nyeri Haid
Ilustrasi olahraga (photo/Pexels/Tirachard Kumtanom)
Health

Ini Dia Berbagai Jenis Olahraga untuk Meredakan Nyeri Haid

Minggu, 12 Juli 2020 08:00 WIB 12 Juli 2020, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Nyeri haid sering dialami oleh wanita selama siklus menstruasi mereka. Beberapa orang mungkin masih menggunakan metode kuno untuk mengatasi rasa sakit ini.

Metode kuno yang dimaksud adalah seperti menggunakan kantung air panas, minum minuman hangat, maupun menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas.

Tapi tahukah kamu bahwa berolahraga selama periode haid dapat meringankan rasa sakit itu juga?

Banyak dokter mengatakan bahwa berolahraga selama haid dapat membantu meningkatkan perubahan suasana hati dan sirkulasi darah, sehingga dapat mengurangi rasa sakit haid.

Berolahraga juga telah diketahui dapat melepaskan endorfin, yang membantu meredakan kram menstruasi.

Berikut 6 jenis olahraga yang dapat kamu lakukan selama periode haid untuk meredakan rasa sakit.

1. Berjalan

Ilustrasi berjalan
Ilustrasi berjalan (photo/Unsplash/Krzysztof Kowalik)

Menurut penelitian, rutin berjalan selama 15-20 menit dapat membantu mengatasi rasa sakit dan gejala pramenstruasi (PMS) lainnya.

Jika kamu tidak ingin pergi keluar dari rumah, kamu bisa mengelilingi rumah, balkon, atau teras kamu juga. Ini akan membantu darah dalam tubuh kamu mengalir dengan baik, sehingga mengurangi rasa sakit.

2. Yoga

Ilustrasi yoga
Ilustrasi yoga (photo/Pixabay/Gerd Altmann)

Ada berbagai penelitian yang menyatakan bahwa yoga asana, pranayamas, dan mudra dapat bermanfaat untuk meredakan nyeri haid.

Surya namaskar membantu memulihkan keseimbangan hormon tubuh karena bertindak langsung pada kelenjar pituitari, adrenal, dan tiroid.

Asana seperti bhujangasana, shalabhasana, dhanurasana, paschimottanasana dan ustrasana dilaporkan dapat membantu nyeri haid.

Selain itu, asana ini juga dapat membantu mengatasi menstrusasi yang tidak teratur, kembung, pendarahan hebat, dan kram menstruasi.

Perlu kamu ketahui juga bahwa asana seperti vajrasana dapat membantu mengobati gangguan menstruasi seperti sindrom pramenstruasi (PMS) dan amenore (menstrurasi yang terlewat).

3. Latihan Zumba

Ilustrasi latihan zumba
Ilustrasi latihan zumba (photo/Pexels/Andrea Piacquadio)

Zumba adalah latihan yang melibatkan tarian dan gerakan aerobik. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa berlatih Zumba dapat membantu mengurangi keparahan dan durasi nyeri haid.

Lebih lanjut, dalam penelitian itu juga dinyatakan bahwa melakukan Zumba setiap hari dapat dijadikan sebagai pengobatan komplementer untuk dismenore primer (nyeri haid).

Yang perlu kamu lakukan adalah memainkan musik, mengenakan pakaian yang nyaman dan menari untuk menghilangkan stres kamu.

4. Regangkan tubuh kamu

Ilustrasi meregangkan badan
Ilustrasi meregangkan badan (photo/Unsplash/Priscilla Du Preez)

Meregangkan tubuh dapat membantu dalam memperpanjang otot yang sering berkontraksi selama peridoe haid, sehingga mengurangi beberapa kram yang menyakitkan.

Peregangan seperti rotasi batang bawah, peregangan kobra, peregangan lutut ke dada, dan tikungan ke depan bermanfaat dalam mengurangi kram selama haid.

5. Lakukan Pilates

Ilustrasi latihan pilates
Ilustrasi latihan pilates (photo/Pexels/Andrea Piacquadio)

Kamu juga dapat mencoba pilates selama periode, karena kegiatan ini tidak seberat gym pada biasanya.

Pilates adalah bentuk latihan yang melibatkan aspek yoga dan balet yang dikenal dapat mengurangi sakit punggung yang sangat umum selama menstruasi.

6. Olahraga dalam ruangan

Ilustrasi bermain bulu tangkis
Ilustrasi bermain bulu tangkis (photo/Unsplash/Jackie Hutchinson)

Olahraga dalam ruangan seperti tinju, bulu tangkis, dan tenis meja dapat dicoba selama periode haid. Kegiatan ini dapat mempertahankan aliran darah yang baik dalam tubuh.

Latihan-latihan ini sebagian besar melibatkan kekuatan tubuh bagian atas sehingga mudah dilakukan tanpa terlalu banyak tekanan pada tubuh.

Nah, itulah beberapa jenis olahraga untuk meredakan nyeri haid yang #KAMUHARUSTAU. Semoga artikel berikut memberikan informasi bermanfaat untuk kamu semua. 

Jangan lupa untuk terus ikuti berita maupun artikel terbaru lainnya ya, hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
jimmy
jimmy

Jimmy

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US