The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Perhatikan, Ini Beberapa Cara Mencegah Penularan Virus Nipah
Ilustrasi batuk. (Freepik)
Health

Perhatikan, Ini Beberapa Cara Mencegah Penularan Virus Nipah

Lebih mematikan dari Covid-19.

Kamis, 28 Januari 2021 10:20 WIB 28 Januari 2021, 10:20 WIB

INDOZONE.ID - Belum juga usai Covid-19, kini muncul virus Nipah yang disebut lebih mematikan. Para ahli pun berusaha untuk memastikan virus ini tidak menjadi pandemi selanjutnya.

Dikutip dari laman WHO, Kamis (28/1/2021), virus Nipah adalah penyakit zoonosis yang ditularkan ke manusia dari hewan, dan juga dapat ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi atau langsung dari orang ke orang.

Wabah virus Nipah pertama diketahui di Malaysia, yang kemudian menyebar hingga Singapura. Kebanyakan infeksi pada manusia disebabkan oleh kontak langsung dengan hewan yang sakit atau jaringannya yang terkontaminasi. 

Gejala virus Nipah hampir mirip seperti Covid-19, yaitu orang yang terinfeksi akan mengalami sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, nyeri pada otot, hingga meriang.

Tingkat kematian virus Nipah tergolong tinggi yaitu mencapai 75%, tergantung pada lokasi wabah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus Nipah. Yaitu dengan mencuci tangan secara teratur, menghindari kontak langsung dengan kelelawar atau babi yang sakit, dan secara rutin melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan pada area yang rawan.

Hewan-hewan yang dicurigai terinfeksi pun harus segera dimusnahkan agar tidak menular ke manusia. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US