The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apakah Vaksin Covid-19 Vegan?
Vaksin Pfizer/Biontech (Liam McBurney/REUTERS)
Health

Apakah Vaksin Covid-19 Vegan?

Sabtu, 12 Desember 2020 15:47 WIB 12 Desember 2020, 15:47 WIB

INDOZONE.ID - Vaksin Pfizer/Biontech telah menjadi yang pertama disetujui untuk digunakan secara luas pada manusia, dengan imunisasi telah dimulai di Inggris minggu ini. Tetapi apakah vaksin Covid vegan?

Dilansir dari express, Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA) mengatakan vaksin Covid telah menunjukkan kemanjuran 95 persen dalam uji coba terakhirnya, sehingga aman untuk diluncurkan dalam skala nasional.

Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan prioritas akan diberikan kepada rumah perawatan serta staf dan pasien National Health Service (NHS).

Apakah vaksin Covid vegan?

Vaksin baru telah menimbulkan kontroversi di dunia maya setelah ditemukan telah diuji pada hewan. Semua vaksin melalui pengujian pada hewan, dan produk hewani biasanya digunakan dalam susunan genetik suatu imunisasi.

“kandidat vaksin yang menghasilkan antibodi penawar terhadap SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19, pada kera, serta sel CD4 + dan CD8 + T spesifik antigen baik pada primata non-manusia maupun tikus,” jelas Pfizer dan BioNTech.

Masyarakat Vegan merilis pernyataan yang membahas pengujian hewan.

“Tidak pernah lebih penting bagi kami untuk berbicara tentang definisi veganisme dalam konteks pengobatan, termasuk vaksin," tulis organisasi tersebut.

Definisi veganisme mengakui bahwa tidak selalu mungkin atau praktis untuk menghindari penggunaan hewan, yang secara khusus relevan dengan situasi medis.

Dalam kasus Covid-19, vaksinasi akan memainkan peran mendasar dalam mengatasi pandemi dan menyelamatkan nyawa.

Karena semua vaksin saat ini diuji pada hewan, pada tahap ini mustahil untuk memiliki vaksin yang telah dibuat tanpa digunakan pada hewan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US