The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ikan atau Ayam yang Lebih Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?
Ikan dan ayam (Pexels/Dana Tentis/Omar Mahmood)
Health

Ikan atau Ayam yang Lebih Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

Kamis, 17 September 2020 10:17 WIB 17 September 2020, 10:17 WIB

INDOZONE.ID - Mengikuti diet disiplin dan menerapkan gaya hidup sehat adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya dalam jangka panjang. Tapi ada diet khusus yang dikatakan dapat mempercepat penurunan berat badan, yakni ikan dan ayam.

Ikan dan ayam panggang bagus untuk menurunkan berat badan karena lebih sedikit lemak dari biasanya. Makanan dipanggang membutuhkan sedikit minyak atau mentega sehingga nutrisinya tetap utuh.

Ikan dan ayam panggang juga kaya protein, omega-3, dan nutrisi sehat lainnya. Karena kedua sumber ini mengandung lebih sedikit kolesterol dan lemak jenuh.

Tapi dari keduanya manakah yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan?

Dilansir dari Times of India, para ahli dan penelitian diet menyarankan bahwa memasukkan makanan laut atau unggas ke dalam makanan menawarkan banyak kebaikan dan diperlukan untuk diet seimbang. Namun, kedua pilihan makanan ini memiliki beberapa keunggulan satu sama lain.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal Nutrition, Metabolism, and Cardiovascular Diseases menemukan bahwa makan ikan bisa menjadi alternatif yang lebih sehat untuk sumber daging lain agar tetap kurus. Faktanya, makan ikan juga bisa mempercepat penurunan berat badan.

Tak hanya itu saja, makan ikan juga bisa memberikan banyak manfaat, salah satunya mengurangi peradangan dan tingkat stres dalam tubuh.

Meski demikian perlu diingat bahwa ikan memiliki sumber protein  yang lebih rendah dibandingkan dengan daging dan produk hewani lainnya. Bahkan beberapa ikan juga mengandung lemak tinggi, jadi perlu berhati-hati saat memilih jenis ikan.

Sementara ayam sumber makanan yang banyak mengandung nutrisi sehat di dalamnya. Dari protein tinggi, kandungan rendah lemak, vitamin dan mineral. Semua kandungan tersebut membantu menurunkan berat badan dan membangun tubuh yang lebih sehat dan bugar.

Meski ayam sehat, tapi tetap ada kerugian yang bisa didapatkan, karena banyaknya jenis ayam yang mengandung bahan kimia dan bahan tambahan lainnya yang digunakan untuk pengawetan.

Hal ini paling sering terjadi pada makanan beku, jadi pastikan kamu memilih makanan murni organik dan alami. Kemudian kamu juga harus memperhatikan kandungan lemak yang ditambahkan.

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa ikan cenderung sedikit lebih tinggi daripada ayam, terutama jika menyangkut kandungan Omega-3 di dalamnya.

Penelitian juga mengatakan bahwa ikan lebih sehat daripada ayam jika ingin menurunkan berat badan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US