The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Konsumsi Cranberry Secara Rutin Bantu Meningkatkan Daya Ingat, Cegah Demensia di Masa Tua
Ilustrasi buah cranberry. (Freepik)
Health

Konsumsi Cranberry Secara Rutin Bantu Meningkatkan Daya Ingat, Cegah Demensia di Masa Tua

Sabtu, 21 Mei 2022 00:00 WIB 21 Mei 2022, 00:00 WIB

INDOZONE.ID - Makanan cranberry, terutama di usia paruh baya, dapat membantu meningkatkan memori dan fungsi otak, dan menurunkan kolesterol jahat, menurut penelitian baru yang menyoroti potensi neuroprotektif dari cranberry.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Nutrition, menunjukkan bahwa mengonsumsi cranberry secara signifikan meningkatkan memori peserta penelitian berusia 50 hingga 80 tahun, dalam mengingat peristiwa sehari-hari, fungsi saraf, dan pengiriman darah ke otak.

Tak hanya itu saja, para peserta juga menunjukkan penurunan yang signifikan dalam LDL atau kadar kolesterol jahat, yang diketahui berkontribusi pada aterosklerosis, penebalan atau pengerasan arteri yang disebabkan oleh penumpukan plak di lapisan dalam arteri.

Baca juga: Buah Cranberry, Superfood yang Dapat Diolah Menjadi Berbagai Produk Makanan

Penelitian ini mendukung gagasan bahwa cranberry dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mungkin sebagian berkontribusi pada peningkatan fungsi otak dan kognisi, kata para peneliti di University of East Anglia, Inggris.

Menurut tim peneliti, studi ini adalah salah satu yang pertama untuk memeriksa cranberry dan dampak jangka panjangnya pada kognisi dan kesehatan otak pada manusia.

Temuan ini juga dapat berimplikasi pada pencegahan penyakit neurodegeneratif seperti demensia pada lansia.

"Demensia diperkirakan akan mempengaruhi sekitar 152 juta orang pada tahun 2050. Tidak ada obat yang diketahui, jadi sangat penting bagi kita untuk mencari intervensi gaya hidup yang dapat dimodifikasi, seperti diet, yang dapat membantu mengurangi risiko dan beban penyakit," kata pemimpin peneliti Dr. David Vauzour, dikutip India TV.

Cranberry kaya akan mikronutrien ini dan telah dikenal karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Fitri
M Fadli

M Fadli

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US