The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Jenis Kanker yang Rentan Menyerang Perempuan Selain Kanker Serviks, Jangan Disepelekan!
Ilustrasi kanker yang menyerang perempuan (Freepik/eddows-animator)
Health

5 Jenis Kanker yang Rentan Menyerang Perempuan Selain Kanker Serviks, Jangan Disepelekan!

Waspadai gejalanya.

Kamis, 21 April 2022 13:32 WIB 21 April 2022, 13:32 WIB

INDOZONE.ID - Kanker serviks menjadi salah satu penyakit serius paling mematikan di dunia. Penyakit yang menyerang sistem reproduksi ini menjadi salah satu penyumbang terbesar penyebab kematian pada perempuan. 

Bahkan berdasarkan data Observasi Kanker Dunia, pada tahun 2020, untuk wilayah Indonesia saja, sudah terdapat 36.633 kasus baru dan 21.003 kematian akibat kanker serviks.

Angka ini menunjukkan bahwa 50 kasus terdeteksi setiap harinya dengan lebih dari dua kematian setiap jam. Karena alasan itulah, pemerintah kemudian mewajibkan vaksin Human Papilloma Virus atau HPV mulai 2023.

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Cegah Kanker Serviks Selain Vaksin, Salah Satunya Ubi Jalar

Namun selain kanker serviks, nyatanya masih ada beberapa jenis kanker yang juga mengancam kesehatan perempuan. Berbagai jenis kanker ini kerap menyerang perempuan dan umumnya berujung pada kematian.

Nah mengutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, inilah 5 jenis kanker yang juga sering mengintai perempuan selain kanker serviks. Kanker-kanker ini wajib diwaspadai dan tak boleh disepelekan!

1. Kanker payudara

Ilustrasi kanker payudara (Freepik/spukkato)
Ilustrasi kanker payudara (Freepik/spukkato)

Kanker payudara merupakan jenis kanker terbanyak yang menyerang perempuan Indonesia. Kanker jenis ini bahkan menjadi salah satu penyakit serius dengan kasus kematian tertinggi.

Ganasnya lagi, kanker payudara menyasar segala usia. Tak hanya melekat pada orang-orang dengan usia tua, kelompok usia dewasa muda juga dapat mengidap kanker jenis ini.

Adapun untuk mencegah kanker payudara, para perempuan bisa melakukan berolahraga secara teratur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, serta mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan.

2. Kanker ovarium

Ilustrasi kanker ovarium (Freepik/brgfx)
Ilustrasi kanker ovarium (Freepik/brgfx)

Kanker ovarium biasanya menyerang wanita yang sudah menopause, namun pada beberapa kasus, penyakit ini juga muncul pada wanita usia muda.

Bagian tubuh yang diserang kanker jenis ini adalah ovarium, yaitu organ yang terletak di area perut bawah dan terhubung langsung dengan rahim. Ovarium sendiri berfungsi untuk menyimpan sel telur wanita.

Adapun gejala kanker ovarium antara lain sering merasa kembung, perut bengkak, nyeri di area perut dan perut bawah, cepat kenyang saat makan, dan sering ingin buang air kecil. Namun karena gejala-gejala tersebut tidak khas, maka untuk mendeteksinya diperlukan pemeriksaan tambahan.

3. Kanker endometrium

Ilustrasi kanker endomentrium (Freepik/eddows-animator)
Ilustrasi kanker endomentrium (Freepik/eddows-animator)

Kanker endometrium terjadi pada lapisan rahim (uterus). Gejalanya termasuk perdarahan vagina abnormal, seperti perdarahan setelah menopause atau di antara masa menstruasi.

Gejala lain yang menyertai kanker endometrium yaitu nyeri panggul, nyeri saat berhubungan seks, atau siklus menstruasi berkepanjangan.

4. Kanker paru-paru

Ilustrasi kanker paru-paru (Freepik/lev.studio.x)
Ilustrasi kanker paru-paru (Freepik/lev.studio.x)

Tak hanya menyerang sistem reproduksi, jenis kanker yang juga kerap menghantui perempuan ialah kanker yang menyerang paru-paru. 

Bahkan berdasarkan data yang dirilis oleh Indonesian Cancer Information & Support Center, kanker paru-paru merupakan kanker pembunuh nomor satu di Indonesia dengan berkontribusi 14 persen kematian karena kanker.

Kanker paru-paru sendiri sering disebabkan karena kebiasaan merokok (perokok aktif) maupun karena menghirup asap rokok di sekitar (perokok pasif).

Itu mengapa ada baiknya kamu segera berhenti merokok atau menjauhi daerah yang terpapar oleh asap rokok. Jangan lupa. terapkan juga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi dan rutin berolahraga.

5. Kanker hati

Ilustrasi kanker hati (Freepik/eddows-animator)
Ilustrasi kanker hati (Freepik/eddows-animator)

Kanker hati bisa terjadi karena sel kanker yang tumbuh di hati ataupun dari sel kanker yang awalnya berkembang di organ lain lalu menyebar ke hati. Namun pada kebanyakan kasus, penyakit ini terjadi karena penyebaran sel kanker dari organ lain.

Adapun beberapa gejala yang biasanya muncul pada orang yang menderita kanker hati yaitu nyeri di area perut kanan atas, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, penurunan nafsu makan, kulit terlihat kuning (jaundice) dan bengkak pada kaki.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US