The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berapa Kali Sebaiknya Periksa Mata dalam Setahun?
Ilustrasi mata. (Pexels/Raphael Brasileiro)
Health

Berapa Kali Sebaiknya Periksa Mata dalam Setahun?

Ini penjelasannya.

Sabtu, 14 Agustus 2021 13:47 WIB 14 Agustus 2021, 13:47 WIB

Kesehatan mata perlu diperiksakan secara rutin ke ahlinya. Meski tidak merasa ada keluhan atau gangguan pada mata, sebaiknya kamu tetap rutin memeriksakannya lho.

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Cabang DKI Jaya dr. Elvioza, SpM(K) mengatakan, bagi orang-orang di bawah usia 40 tahun, periksa mata dianjurkan dilakukan setiap dua tahun sekali.

Sedangkan orang usia 40 tahun ke atas, sebaiknya memeriksakan mata sekali setiap satu atau dua tahun. Dengan demikian, dokter bisa membantu mencari tahu penyebab masalah bila kamu merasakan gangguan seperti penglihatan yang memburam.

Sebab, gangguan seperti itu termasuk dalam gejala penyakit yang lebih serius, seperti penyakit degenerasi makula terkait usia atau Age-related Macular Degeneration (AMD) yang dapat berujung kepada kebutaan permanen.

"Ada gangguan refraksi dan organik. Pada gangguan refraksi, cahaya yang masuk ke mata tidak bisa difokuskan, penanganannya adalah dengan memperbaiki fokus lewat kacamata," kata dr. Elvioza, SpM(K) dikutip dari Antara, Sabtu (14/8/2021).

BACA JUGA: Kemenkes: Lansia dengan Komorbid Aman untuk Divaksin, Asal...

Gangguan lainnya adalah gangguan organik, di mana ada kerusakan pada sistem penglihatan. Pada kasus ini, penglihatan tak kunjung membaik meski sudah memakai kacamata. Ia mengatakan, setiap ada gangguan penglihatan, segera cari tahu apakah itu termasuk gangguan refraksi atau gangguan organik.

"Kalau kesulitan membaca (karena buram), coba pakai kacamata dulu. Ada beberapa pemeriksaan untuk membedakan itu (refraksi dan organik)," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US