Tak Boleh Dilakukan, Ini Bahaya Pakai Jaket saat Berolahraga
Ilustrasi olahraga menggunakan jaket. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Health

Tak Boleh Dilakukan, Ini Bahaya Pakai Jaket saat Berolahraga

Bahaya bagi tubuh.

Selasa, 07 April 2020 18:12 WIB 07 April 2020, 18:12 WIB

INDOZONE.ID - Ketika sedang berada di tempat olahraga seperti lapangan yang khusus digunakan untuk jogging, mungkin kamu kerap kali melihat ada orang yang berolahraga namun tetap menggunakan jaket atau bahkan jas hujan meskipun cuaca sedang panas dan terik.

Tujuan mereka melakukan itu karena menganggap kalau olahraga sambil menggunakan pakaian yang menghalangi sirkulasi udara seperti itu, maka keringat yang dihasilkan akan semakin banyak. Otomatis, banyaknya keringat yang dikeluarkan setara dengan lemak yang dibakar.

Padahal perlu kamu ketahui bahwa persepsi seperti itu ternyata salah dari sudut pandang dunia kesehatan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa memakai jaket saat berolahraga itu justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Dehidrasi Berat

Tak Boleh Dilakukan, Ini Bahaya Menggunakan Jaket Saat Berolahraga
Ilustrasi sakit kepala. (Andrea Piacquadio)

Banyaknya keringat yang dikeluarkan tubuh dalam jumlah berlebih saat berolahraga menggunakan jaket nyatanya tidak serta merta membuat lemak berlebih dalam tubuhmu juga langsung terbakar dan keluar bersama dengan keringat. Sebab, saat berkeringat secara berlebihan dan dalam waktu yang singkat itu artinya tubuhmu hanya mengeluarkan kandungan air dari dalam tubuh.

Akibatnya, kamu akan mengalami dehidrasi berat jika terus memaksakan diri berlari padahal tubuh sudah dalam keadaan kekurangan cairan. Gejala umum yang kamu rasakan ketika mengalami dehidrasi berat adalah timbulnya rasa pusing, lemas, disorientasi mental seperti sulit berpikir dan linglung, atau bahkan pingsan.

Heatstroke

Tak Boleh Dilakukan, Ini Bahaya Menggunakan Jaket Saat Berolahraga
Olahraga menggunakan jaket bisa mengakibatkan heatstroke. (Pexels/Daniel Reche)

Kamu juga bisa mengalami heatstroke. Ini merupakan suatu kondisi di mana seseorang tidak dapat lagi menghasilkan cukup keringat untuk menurunkan suhu tubuh akibat terlalu lama terpapar di bawah udara panas. Jika dibiarkan, tubuh dapat mengalami peningkatan suhu secara drastis hingga 40°C atau lebih. Jika dibiarkan, penderita akan berada pada kondisi yang sangat membahayakan dan bahkan dapat mengancam nyawanya.

Seseorang yang mengalami heatstroke biasanya akan menunjukkan gejala seperti pusing, kulit memerah dan tidak berkeringat meskipun tubuhnya panas, jantung berdebar, kram, linglung, kejang, pingsan atau bahkan berujung pada kematian.
    
Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US