The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Penyebab Lemak yang Bikin Perutmu Berlipat
Ilustrasi perut berlipat. (Pexels/Towfiqu barbhuiya)
Health

5 Penyebab Lemak yang Bikin Perutmu Berlipat

Apa saja?

Minggu, 31 Oktober 2021 11:31 WIB 31 Oktober 2021, 11:31 WIB

INDOZONE.ID - Lemak pada bagian perut dapat mengganggu penampilan. Ini karena perutmu memiliki lipatan-lipatan lemak. Selain itu, lemak juga dapat berdampak buruk bagi kesehatanmu.

Lalu apa penyebab lemak yang dapat membuat perut menjadi berlipat? Simak ulasannya dilansir dari Timesofindia, Minggu (31/10/2021):

1. Makanan dan Minuman Manis

5 Penyebab Lemak yang Bikin Perutmu Berlipat
Ilustrasi kue. (Pexels/Abhinav Goswami)

Terlalu sering mengonsumsi banyak gula dapat meningkatkan risiko kelebihan lemak perut. Ini karena makanan dan minuman manis mengandung karbohidrat olahan yang sulit dibakar menjadi energi, sehingga disimpan sebagai lemak. Untuk menghindarinya, makanlah karbohidrat sehat, sayur dan buah-buahan, dan minum banyak air.

2. Stres dan Kurang Tidur

5 Penyebab Lemak yang Bikin Perutmu Berlipat
Ilustrasi stres. (Pexels/Energepic.com)

Stres dan kecemasan dapat menyebabkan hormon kortisol dalam tubuh yang dapat memperlambat metabolisme tubuh. Saat metabolisme melambat, lemak diperut tidak akan terbakar. Selain itu, tidur terlalu sedikit dapat menyebabkan kortisol melonjak dan meningkatkan keinginan untuk memakan makanan berkalori tinggi, sehingga berat badan naik dan meningkatkan lemak perut.

3. Mengkonsumsi Makanan Kurang Serat

5 Penyebab Lemak yang Bikin Perutmu Berlipat
Ilustrasi junk food. (Pexels/Caleb Oquendo)

Mengkonsumsi makanan yang kurang serat akan membuat kamu lebih mudah lapar sehingga makan lebih banyak dari yang seharusnya. Selain itu, makanan yang kurang serat dalam tubuh dapat menyebabkan masalah sistem pencernaan.

4. Gaya Hidup Sedentary

5 Penyebab Lemak yang Bikin Perutmu Berlipat
Ilustrasi bermalas-malasan. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Gaya hidup kurang gerak atau sedentary membuat lemak di perut tidak terbakar. Inilah kenapa kami harus olahraga secara teratur untuk membatasi penyimpanan lemak di sekitar pinggang dan perut. Jika tidak mau olahraga berat, kamu bisa berjalan-jalan pendek secara rutin.

BACA JUGA: Jangan Cuma Makan, Ketahui Bahan Kimia Junk Food yang Bisa Buat Kanker dan Infertilitas

5. Alkohol

5 Penyebab Lemak yang Bikin Perutmu Berlipat
Ilustrasi alkohol. (Pexels/Matan Segev)

Alkohol juga bisa menjadi penyebab lemak perut yang membuat perutmu berlipat. Alkohol disebut minuman dengan kalori kosong, sehingga tidak mengandung nutrisi. Ini membuat akumulasi lemak visceral yang lebih besar dan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi. Gantilah alkohol dengan minum air putih.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US