The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kecemasan Berlebihan Berdampak Pada Kesehatan Tubuh
Ilustrasi kecemasan (Pexels/Andrea Piacquadio)
Health

Kecemasan Berlebihan Berdampak Pada Kesehatan Tubuh

Minggu, 10 Mei 2020 12:27 WIB 10 Mei 2020, 12:27 WIB

INDOZONE.ID - Rasa cemas yang dialami tidak hanya berisiko menimbulkan kesehatan mental seseorang. Tapi juga dapat menimbulkan kesehatan perut seperti asam lambung, mual, diare, dan lain sebagainya.

Itulah kenapa saat kita merasakan kecemasan yang berlebihan harus segera untuk diatasi, salah satu cara untuk mengatasinya ialah dengan cara metode relaksasi.

Namun perlu juga untuk diperhatikan bahwa saat melakukan proses relaksasi, kamu harus lakukan di tempat yang nyaman, tenang dan kamu harus berpikiran positif.

Ketika kita mengalami gangguan kecemasan yang berlebihan, selain risiko yang disebutkan di atas, kecemasan  juga akan mengganggu kesehatan tubuh.

Misalnya saja gangguan kesehatan yang dialami ialah fungsi pencernaan yang menjadi terganggu. Hal ini terjadi karena kecemasan membuat adrenalin dalam tubuh meningkat yang justru dalam kondisi tersebut dapat mengurangi aliran darah dan melemaskan otot perut yang bekerja mencerna makanan.

Sistem imun tubuh juga menjadi terganggu, kondisi ini dikarenakan hormon kortisol melakukan pencegahan proses pelepasan zat yang menyebabkan peradangan, dan mematikan aspek sistem kekebalan tubuh yang melawan infeksi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US