The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata Minum Kopi saat Perut Kosong Bisa Berbahaya, Awas!
Ilustrasi Kopi (Freepik)
Health

Ternyata Minum Kopi saat Perut Kosong Bisa Berbahaya, Awas!

Kamis, 04 Agustus 2022 10:15 WIB 04 Agustus 2022, 10:15 WIB

INDOZONE.ID - Minum kopi setiap pagi dengan perut kosong jadi kebiasaan sebagian orang. Padahal kebiasaan ini bisa menimbulkan bahaya.

Mitos populer yang beredar menjelaskan bahwa tidak sehat untuk minum kopi dengan perut kosong. Kopi secara alami mengandung kafein dan stimulan yang berdampak pada sistem saraf, kardiovaskular, dan pencernaan.

Secangkir kopi bisa melindungi sel dan membantu menangkal penyakit karena kaya akan antioksidan. Kopi juga dapat melindungi dari penyakit diabetes tipe 2, penyakit hati, dan beberapa kondisi peradangan.

Tetapi mengonsumsi kafein berlebihan juga bisa berbahaya sehingga menyebabkan gangguan tidur, sakit kepala, gugup, peningkatan denyut jantung dan peningkatan buang air kecil.

Dilansir dari Food Network oleh Benjamin Lebwohl, Direktur Penelitian Klinis, di Pusat Penyakit Celiac di Universitas Columbia menunjukkan bahwa meminum kopi dengan perut kosong dapat menghasilkan penyerapan yang lebih cepat serta memicu perasaan gelisah dan waspada. Hal ini menyebabkan kesulitan untuk fokus pada kegiatan yang sedang dilakukan.

Metabolisme tubuh juga akan meningkat ketika seseorang meminum kopi dengan perut kosong. 

Sekilas, peningkatan metabolisme ketika perut kosong ini tampak seperti hal yang baik untuk membakar lemak. Akan tetapi, kondisi ini sebenarnya bisa membahayakan sistem saraf, memicu lonjakan energi yang membuat kewalahan tanpa adanya makanan.

Untuk menghindari risiko tersebut, coba makan buah-buahan atau semangkuk sereal sebelum menikmati secangkir kopi.

Penulis: Asyila Chairunnisa Haya

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Dewi Kania
Indozone
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
Indozone

Indozone

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US