The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jelang Ramadan, Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa
Ilustrasi wanita dengan tubuh fit. (Pexels/Isadora Menezes)
Health

Jelang Ramadan, Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa

Biar gak bolong puasanya.

Kamis, 23 April 2020 10:41 WIB 23 April 2020, 10:41 WIB

INDOZONE.ID - Bulan Ramadan sudah di depan mata. Bagi umat muslim di seluruh dunia, ibadah puasa wajib dilakukan selama satu bulan penuh.

Saat berpuasa, tubuh pasti akan terasa lemas dan tidak berenergi, karena tak mengonsumsi makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam.

Namun kamu gak perlu khawatir, biar puasa lancar dan tak ada bolong, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tubuh tetap fit selama berpuasa. Yuk simak ulasannya.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Jelang Ramadan, Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa
Ilustrasi air putih. (Pixabay)

Agar tubuh tetap fit selama berpuasa, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi 8 gelas air putih. Pola minum air putih bisa kamu lakukan dengan minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas di malam hari. Mengonsumsi air putih membuat tubuh tak kekurangan cairan.

2. Perbanyak Sayur dan Buah

Jelang Ramadan, Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa
Ilustrasi konsumsi sayur dan buah. (Pexels/Ella Olsson)

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar tubuh tetap fit selama ibadah puasa yakni dengan banyak makan sayur dan buah. Dengan mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung serat, maka metabolisme dalam tubuh akan lancar. Tubuh kamu memerlukan banyak serat agar tak mengalami sembelit.

3. Cukup Istirahat

Jelang Ramadan, Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa
Ilustrasi wanita tidur. (Pexels/Craig Adderley)

Tubuh harus cukup istirahat selama berpuasa. Hal ini karena saat, tubuh bekerja dua kali lebih keras dari biasanya. Kamu harus tidur selama enam hingga delapan jam di malam hari, untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

4. Minum Vitamin

Jelang Ramadan, Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa
Ilustrasi vitamin. (Pexels/Anna Shvets)

Tips selanjutnya yang dilakukan agar tubuh tetap fit selama berpuasa yakni dengan mengonsumsi vitamin sebagai cadangan energi tambahan. Tubuh membutuhkan asupan vitamin C, D dan E agar daya tahan tubuh tak menurun dan tetap fit, sehingga puasa menjadi lancar.

5. Tetap Berolahraga

Jelang Ramadan, Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa
Ilustrasi berolahraga. (Pixabay)

Selama berpuasa tubuh memang terasa lemas. Namun, jangan jadikan itu sebagai alasan kamu gak berolahraga ya. Berolahraga saat puasa memiliki banyak manfaatnya lho, salah satunya menetralkan bau mulut dan mengeluarkan racun di dalam tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga menjelang berbuka puasa ya.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tubuh tetap fit selama berpuasa. Tetap semangat menjalankan ibadah puasa ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US