Mengenal Kina, Tanaman Obat yang Hampir Punah tapi Banyak Manfaat
Tanaman kina. (WASHINGTONPOST)
Health

Mengenal Kina, Tanaman Obat yang Hampir Punah tapi Banyak Manfaat

Obat mujarab untuk berbagai macam penyakit.

Sabtu, 18 Januari 2020 14:11 WIB 18 Januari 2020, 14:11 WIB

INDOZONE.ID - Pohon kina yang memiliki nama ilmiah cinchona, yang memiliki kurang lebih 40 spesies pohon seperti cinchona capuli, cinchona glandulifera, cinchona lucumifolia, cinchona mutisii, cinchona rugosa, cinchona lancifolia, cinchona robusta dan masih banyak lagi. Tinggi pohon kina biasanya sekitar 5-15 meter. Kina menghasilkan bunga dengan warna-warna yang berbeda yaitu putih, merah muda dan kuning. 

Di Indonesia sendiri, tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal inilah yang menyebabkan permintaan pasokan kina untuk diolah menjadi obat kian meningkat. Namun yang sangat disayangkan adalah perkebunan kina milik negara mengalami penurunan di tahun 2009 sampai 2014. 

Tapi tahukah kamu? Sebanyak 90% kebutuhan kina untuk dunia dipasok dari kebun kina yang ada di Jawa Barat. Kabupaten Bandung adalah daerah yang berpotensi tinggi untuk dijadikan tempat pengembangan tanaman ini karena daerah tersebut memiliki letak topografi dan iklim yang sesuai untuk kelangsungan hidup pohon kina.

nyamuk malaria
Ilustrasi nyamuk Anopheles, salah satu penyebab penyakit malaria. (BRESEARCH)

Manfaat tanaman ini cukup beragam dan dapat digunakan sebagai sarana penyembuhan penyakit malaria, pereda sakit flu, membantu mengatasi kanker payudara, kanker limpa, mengatasi otot kaki yang kram, hingga meredakan sakit pada pencernaan.

 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US