The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Diet yang Satu Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes Tipe-2
Ilustrasi pasien diabetes (freepik)
Health

Diet yang Satu Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes Tipe-2

Senin, 23 November 2020 11:34 WIB 23 November 2020, 11:34 WIB

INDOZONE.ID - Berbicara tentang diabetes, kita tahu bahwa diet sederhana dan perubahan gaya hidup dapat bekerja dengan efektif untuk mengendalikan kadar gula darah dan bahkan membalikkan diabetes.

Diet bebas gluten adalah diet yang dirancang untuk menurunkan berat badan tapi sebenarnya tidak.

Lantas apa sebenarnya diet bebas gluten itu?

Diet bebas gluten ialah cara makan yang membantu menyembuhkan usus kita sehingga tubuh kita dapat menyerap semua nutrisi yang dibutuhkan dari makanan kita dengan cara yang lebih efektif.

Gluten adalah protein yang ditemukan dalam biji-bijian termasuk gandum, barley, gandum hitam, dan banyak lagi.

Gluten tidak membahayakan penderita diabetes, itulah alasan kenapa mereka tidak perlu mengikuti diet bebas gluten. Faktanya, penderita diabetes atau tidak tidak perlu mengikuti diet bebas gluten.

Tubuh kita bereaksi berbeda terhadap gluten dalam dua kondisi kesehatan, intoleransi gluten dan sensitivitas gluten. Orang yang mengembangkan penyakit celiac sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi gluten. Namun banyak jenis makanan yang mengandung gluten dan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Dilansir dari Times of India, penelitian telah menunjukkan bahwa gluten sampai batas tertentu membantu mengurangi risiko obesitas. Seperti yang kita ketahui bahwa obesitas adalah faktor risiko penting untuk diabetes tipe-2, sehingga diet bebas gluten dapat membantu orang yang menderita diabetes tipe-2.

Tapi belum ada bukti secara ilmiah dan dokter belum merekomendasikan diet bebas gluten ini untuk pasien diabetes tipe-2.

Fakta yang harus kamu ketahui juga bahwa dalam jangka waktu panjang diet bebas gluten dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US