The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat?
Ilustrasi sakit jantung yang disebabkan oleh kolesterol jahat (Pexels/Freestocks.org)
Health

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat?

Senin, 21 September 2020 10:32 WIB 21 September 2020, 10:32 WIB

INDOZONE.ID - Kolesterol LDL atau kolesterol tinggi yang juga disebut sebagai kolesterol jahat adalah masalah kesehatan yang umum. Namun kondisi ini dikaitkan dengan kesehatan yang serius seperti serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes, yang terkadang bisa berakibat fatal.

Untuk mengatasi kolesterol tinggi kamu bisa melakukan pengobatan dan tentunya perubahan pola makan yang positif, karena dengan begitu kolesterol jahat akan mudah dikelola.

Tapi sering kali kita mendengar berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh?

Dilansir dari Times of India, jumlah kolesterol normal pada pria dan wanita tidak boleh lebih dari 199 miligram per desiliter (mg / dL). Ini termasuk jumlah LDL dan HDL. 100 mg / dL atau LDL yang lebih rendah dianggap baik atau sehat, sedangkan antara 130 hingga 159 mg / dL dianggap sebagai batas. Di atas 160 mg / dL disebut sebagai kolesterol tinggi.

Dengan minum obat yang tepat dan membuat perubahan gaya hidup lebih sehat, seseorang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tiga sampai enam bulan.

Hanya saja, wanita mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mengurangi level ini dibandingkan dengan pria. Selain itu kadar kolesterol juga dipengaruhi oleh gen. Sehingga berperan dalam mengelola kolesterol.

Perubahan gaya hidup sangatlah penting untuk mengelola  tingkat kolesterol jahat. Misalnya saja kurangi asupan serat jenuh dari makanan dan tambahkan serat makanan. Makan lebih banyak buah dan protein tanpa lemak, produk susu rendah lemak untuk menurunkannya.

Selain itu, olahraga juga cara terbaik mengurangi tingkat LDL dari tubuh. Tak hanya untuk mengurangi tinggat kolesterol jahat saja, olahraga memiliki banyak kesehatan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US