Ternyata! Warna Sayur dan Buah Punya Manfaat Masing-Masing Lho
Macam-macam sayuran. (Pixabay/congerdesign)
Health

Ternyata! Warna Sayur dan Buah Punya Manfaat Masing-Masing Lho

Kamis, 05 Desember 2019 15:41 WIB 05 Desember 2019, 15:41 WIB

INDOZONE.ID - Sayur dan buah memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Banyak sekali jenis vitamin yang terkandung di dalam sayur dan buah, diantaranya vitamin A, D, E, K, C, B.

Vitamin A untuk kesehatan mata, vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi, vitamin E untuk kecantikan kulit juga kesuburan, dan lainnya.

Nah, kamu tau enggak kalau manfaat sayur dan buah untuk kesehatan tubuh itu bisa dilihat dari warnanya. Apa saja sih manfaat sayur dan buah berdasarkan warnanya? Berikut Indozone rangkum dari berbagai sumber yang #KAMUHARUSTAU.

Hijau

Sayuran dan buah yang berwarna hijau kaya akan serat dan memiliki senyawa sulfur. Sulfur adalah salah satu mineral penting yang berfungsi melawan bakteri dan melindungi tubuh dari zat beracun.

Sayuran hijau
(Pexels)

Beberapa contoh sayur dan buah yang berwarna hijau adalah brokoli, bayam, selada, alpukat, anggur hijau, timun, pir hijau, melon, zaitun, jeruk nipis, dan kacang hijau.

Nah, nutrisi yang ditemukan dalam sayuran dan buah tersebut bermanfaat untuk tubuh, diantaranya.

  1. Mengurangi risiko kanker
  2. Menurunkan tekanan darah
  3. Menurunkan kadar kolesterol jahat
  4. Membantu pencernaan makanan yang lebih baik
  5. Mendukung kesehatan dan penglihatan retina
  6. Melawan radikal bebas yang berbahaya
  7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kuning atau Oranye

Sayuran dan buah berwarna kuning dan oranye diantaranya adalah wortel, jeruk, pisang, jagung, pepaya, labu kuning, mangga, kentang, dan nanas.

wortel
(Pixabay/jacqueline macou)

Sayuran dan buah tersebut banyak mengandung antioksidan dan betakaroten yang berfungsi meningkatkan sistem imunitas tubuh, kaya akan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan penglihatan dan mengingkatkan produksi pigmen retina, serta aneka masalah kulit yang umum dialami manusia seiring bertambahnya usia.

Merah

Sayuran dan buah berwarna merah lebih terkonsentrasi pada nutrisi. Warna merah cerah pada buah dan sayuran membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi bagi tubuh. Selain itu, buah warna merah juga kaya serat dan antioksidan kuat.

Tomat
(Pixabay/NickyPe)

Warna cantik ini diakibatkan oleh sebuah zat bernama likopen, yang berperan dalam menjaga kesehatan prostat dan juga kelenjar payudara. Temukan khasiat si merah cantik ini pada apel, semangka, tomat, anggur merah, ceri, stroberi, delima, dan paprika merah ya guys!

Putih

Sayur dan buah berwarna putih memiliki kandungan betaglukan dan lignin. Kandungan betaglukan dan lignin erat kaitannya dengan asupan serat pada tubuh.

kembang kol
(Pixabay/skeeze)

Sayur dan buah juga mengandung alicin yang mengontrol kolesterol dan tekanan darah, serta menghambat  pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan imunitas tubuh.

Kamu bisa menemukan manfaat kandungan tersebut dalam kembang kol, sirsak, lobak, sawi putih, tauge, bawang putih dan bawang bombay.

Biru atau Ungu

Meski kurang populer dibandingkan jenis warna lainnya, tetapi kandungan didalam sayur serta buah berwarna ungu atau biru ini enggak kalah bermanfaat lho!

bluberi
(Pixabay/Couleur)

Warna alami biru atau ungu pada sayur dan buah didapat dari pigmen antosianin dan flavonoin. Semakin gelap warnanya, semakin banyak kandungannya.

Fungsi dari pigmen antosianin dan flavonoin adalah sebagai antioksidan yang meningkatkan sistem imun, melindungi otak dari kerusakan, meningkatkan produksi sel darah merah dan putih, berfungsi sebagai anti radang, serta sumber zat besi.

Beberapa contoh sayur dan buah yang berwarna biru atau ungu adalah bluberi, raspberi, anggur, bit merah, prune (plum), kubis ungu, kembang kol ungu dan terung.


Itulah manfaat sayur dan buah berdasarkan warnanya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU