Terlalu Sering Galau Bisa Bikin Pikun
Ilustrasi pikun. (huffpost)
Health

Terlalu Sering Galau Bisa Bikin Pikun

Rabu, 11 Maret 2020 17:00 WIB 11 Maret 2020, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Galau berkepanjangan, berpikir negatif, stres dan depresi, jika dibiarkan akan membuat risiko terkena demensia alias pikun semakin besar. Dampaknya juga akan semakin terasa saat lanjut usia.

Berdasarkan riset yang dikeluarkan oleh The Alzheimer’s Society pada 2014, ada sekitar 42.000 penduduk usia produktif di Inggris yang terkena Early Onset Dementia (EOD), tanda-tanda demensia.

Bahkan, jumlah Orang Dengan Demensia (ODD) di Indonesia pun diprediksi bisa mencapai 2 juta orang pada tahun 2030 mendatang. Hal ini disebabkan oleh faktor genetik dan gaya hidup yang tak sehat.

“Generasi muda berperan penting dalam peningkatan kualitas hidup ODD, lansia dan diri sendiri," kata Direktur Regional Alzheimer Asia Pasifik dan Founder Alzheimer’s Indonesia.

Terkait hal ini, anak-anak muda diharapkan untuk meningkatkan kualitas dirinya dengan menjaga kesehatan mental dan fisik.

Sementara itu, menurut penulis buku "Stop Pikun di Usia Muda", Yuda Turana, merokok, stres, kurang tidur dan kesendirian akan mengakibatkan otak mengerut lebih cepat.

Solusi untuk mencegah pikun yaitu dengan rutin berolahraga, memperhatikan nutrisi dan hidup sehat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Dina
Zega

Zega

Editor
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU