The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Cara yang Bisa Kamu Coba untuk Mengatasi Nyeri Haid
ilustrasi/health.clevelandclinic
Health

7 Cara yang Bisa Kamu Coba untuk Mengatasi Nyeri Haid

Selasa, 05 November 2019 16:13 WIB 05 November 2019, 16:13 WIB

INDOZONE.ID - Kram perut adalah hal lumrah yang dirasakan oleh kaum wanita saat haid atau menstruasi melanda. Setiap wanita memiliki tingkatan sakit yang berbeda. Tapi biasanya, wanita akan merasakan nyeri atau sakit luar biasa di tiga sampai empat hari pertama waktu haid.

Nyeri atau kram perut saat haid ini timbul karena pergerakan kontraksi dalam perut yang kencang. Ini karena adanya proses peluruhan pembuluh darah yang menebal pada dinding rahim, sehingga menimbulkan rasa sakit.

Ketika nyeri atau kram perut melanda, tentu akan menimbulkan rasa tak nyaman. Terlebih bila sehari-harinya harus dihadapkan dengan segudang aktivitas dan pekerjaan yang melelahkan. Lantas bagaimana caranya untuk mengatasi nyeri atau kram perut saat haid datang? Yuk simak informasi di bawah ini.

1. Perbanyak minum air hangat

minum
ilustrasi/chicagowaterpros

Mengonsumsi air hangat dapat meredakan sedikit nyeri perut karena haid. Ketika haid datang, cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak banyak dari biasanya.

2. Konsumsi makanan yang mengandung zat besiikan

ilustrasi/pixabay

Ketika haid, tubuh akan kehilangan banyak zat besi. Oleh sebab itulah, saat haid ada baiknya jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti ayam. Ikan dan sayuran juga dapat mengurangi nyeri haid.

3. Berolahraga ringan

olahraga
ilustrasi/pixabay

Meski nyeri haid membuat sebagian orang malas untuk bergerak, nyatanya saat haid seseorang disarankan untuk berolahraga di level ringan saja. Gerakan olahraga yang ringan ini dapat memperlancar peredaran darah sehingga nyeri haid pun berkurang.

4. Kompres dengan air panas

perut
ilustrasi/Wellme

Mengompres perut saat nyeri haid melanda juga dapat membuat mengurangi rasa sakitnya. Mengompres perut bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan handuk dan botol. Jika menggunakan handuk kecil, kamu hanya perlu merendam handuk tersebut dalam air panas lalu tempelkan di perut bagian bawah. Sedangkan kalau menggunakan botol, kamu hanya perlu mengisi botol tersebut dengan air hangat lalu tempelkan ke perut bagian bawah.

5. Hindari alkohol dan kafein

minum
ilustrasi/pixabay

Saat nyeri haid melanda, hindari untuk mengonsumsi makanan yang bisa memperparah rasa sakit. Adapun makanan yang harus dihindari saat haid tiba ialah makanan berlemak, alkohol, minuman berkarbonat dan kafein.

6. Jaga pola makan

makan
ilustrasi/unsplash

Meski rasa sakit sering membuat nafsu makan turun, namun kamu tak boleh meninggalkan makan sama sekali atau makan tidak teratur. Selain tak baik untuk kesehatan, ini bisa membuat berbagai penyakit datang. Ada baiknya jika kamu mengonsumsi sedikit makanan namun dilakukan secara rutin.

7. Minum air jahe

jahe
ilustrasi/pixabay

Rempah yang satu ini sudah lama dikenal sebagai obat untuk meringankan masalah kesehatan seperti flu, sakit kepala, dan nyeri haid. Dengan mencampurkan sepotong jahe ke dalam air hangat, dapat mengurangi rasa nyeri haid

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Putri
Putri

Putri

Writer
Putri

Putri

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US