The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan 'Dijilat Setan', Ini 4 Faktor Penyebab Tubuhmu Mudah Lebam Secara Tiba-Tiba
Bekas memar pada tubuh. (Pexels)
Health

Bukan 'Dijilat Setan', Ini 4 Faktor Penyebab Tubuhmu Mudah Lebam Secara Tiba-Tiba

Gangguan trombosit hingga kanker darah.

Selasa, 15 November 2022 12:40 WIB 15 November 2022, 12:40 WIB

INDOZONE.ID - Alih-alih mitos dijilat setan bisa menimbulkan memar pada tubuh, faktanya, tubuh yang memar tiba-tiba bisa disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di bawah kulit sehingga menimbulkan warna yang menggelap.

Hal ini pun nantinya akan memudar dengan sendirinya bersamaan dengan kembalinya darah yang mengalir ke tubuh.

Namun, menurut seorang profesor medis di Universitas Pittsburgh dan direktur dari Pusat Hemophilia di Pennsylvania juga memperingatkan beberapa faktor yang harus diwaspadai mengenai penyebab memar pada tubuh. Apa saja?

Baca Juga: Viral Emak-Emak Tampar Bocah di Tempat Bermain, Pipi Memar Bikin Ortu Geram

1. Adanya Steroid

Jika kamu memiliki penyakit seperti asma, penyakit paru kronis, atau eksim, memar memang merupakan hal yang wajar dikarenakan efek obat yang seang dikonsumsi. Namun, apabila memar semakin mengganggu, lebih baik segera konsultasikan ke dokter apakah harus mengganti obat atau tidak.

2. Gangguan Trombosit

Apabila memar sering muncul tanpa alasan, bisa jadi kamu memiliki gangguan trombosit langka. Trombosit darah sangat penting perannya di dalam tubuh karena, membentuk penggumpalan darah, membantu pelambatan atau menghentikan pendarahan.

Baca Juga: Iko Uwais dan Rudi Divisum saat Buat Laporan, Hasilnya Sama-sama Alami Memar

3. Kerusakan pada Hati 

Jika hati mengalami gangguan atau kerusakan, akan terjadi penurunan trombosit yang mengalir di dalam darah dari jumlah yang seharusnya. Hal ini bisa menyebabkan memar pada tubuh.

4. Adanya Kanker Darah

Meskipun faktor yang satu ini jarang terjadi namun, mudah memar adalah salah satu efek umum dari para penderita kanker darah.

Memar yang muncul bisa di daerah yang sangat tidak umum dan biasanya, membutuhkan waktu lebih dari seminggu untuk memudar disertai dengan memar baru yang muncul setelahnya.

Penulis: Jihan Rienita

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Indozone
JOIN US
JOIN US