The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kesehatan Mulut yang Buruk Berisiko Tinggi Sebabkan Komplikasi Bila Terpapar COVID-19
Ilustrasi pasien dan dokter gigi. (Freepik)
Health

Kesehatan Mulut yang Buruk Berisiko Tinggi Sebabkan Komplikasi Bila Terpapar COVID-19

Memicu timbulnya berbagai penyakit.

Jumat, 14 Januari 2022 12:36 WIB 14 Januari 2022, 12:36 WIB

INDOZONE.ID - Dokter Spesialis Periodonsia RSUD dr Iskak Tulungagung, drg. Winidiastuti Anitasari, Sp.Perio mengungkapkan bahwa memiliki kebersihan gigi dan mulut yang buruk berisiko mengalami komplikasi bila terpapar COVID-19.

"Beberapa studi penelitian menunjukkan seseorang yang kesehatan gigi dan mulutnya buruk, memiliki resiko tinggi mengalami komplikasi bila terpapar COVID-19," ujar drg Winidiastuti dikutip dari Antara.

Bakteri dan penyakit dari dalam mulut dan gigi bisa memicu timbulnya berbagai penyakit lain seperti jantung, diabetes, hipertensi bahkan pneumonia.

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Fluoride yang Terdapat dalam Pasta Gigi, Mana yang Lebih Banyak?

Kondisi ini bisa diperparah karena sejak pandemi masyarakat jadi enggan ke dokter gigi karena takut terpapar COVID-19. Padahal, kata drg Winidiastuti, kontrol untuk membersihkan karang gigi sangat penting.

“Inilah mengapa melakukan kontrol pembersihan plak pada gigi sangatlah perlu. Utamanya situasi semacam ini,” ujarnya.

Selain itu, mengunjungi dokter gigi secara teratur adalah salah satu cara terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kepercayaan diri.

Berdasarkan hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Ipsos bersama GSK Consumer Healthcare, terungkap fakta bahwa banyak orang yang tidak mengetahui pengaruh kesehatan oral pada kesehatan tubuh.

Hanya 54 persen responden survei yang menyadari bahwa perawatan kesehatan mulut yang baik dapat mendukung kehamilan yang lebih sehat, dengan risiko komplikasi yang lebih rendah.

Sedikitnya ada tiga masalah umum pada kesehatan gigi dan mulut yang kerap dialami, yakni karies gigi atau gigi berlubang, gangguan pada gusi, dan kanker mulut.

“Kondisi ini sebenarnya bisa ditangani, namun jika tidak segera maka dapat menimbulkan masalah yang lebih serius,”jelasnya.

Permasalahan pada gigi dan mulut rata-rata bermula dari plak, yakni bakteri yang berasal dari sisa-sisa makanan maupun minuman yang tertinggal di bagian gigi.

Plak yang menempel pada awalnya memang hanya lapisan tipis saja, namun lama kelamaan jika tak segera dibersihkan plak akan membentuk karang gigi dan menyebabkan mulut bau.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US