The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Vaksin AstraZeneca Tak Bikin Pembekuan Darah di Chile, Ampuh Lawan Covid-19
Vaksin AstraZeneca tak sebabkan pembekuan darah di Chile (Pexels/Nataliya Vaitkevich)
Health

Vaksin AstraZeneca Tak Bikin Pembekuan Darah di Chile, Ampuh Lawan Covid-19

76 persen efektif.

Selasa, 27 April 2021 20:23 WIB 27 April 2021, 20:23 WIB

INDOZONE.ID - Kabar baik hadir dari vaksin AstraZeneca datang dari Chile. Negara tersebut mengumumkan tak ada kasus pembekuan darah yang diakibatkan oleh vaksin tersebut.

Chile diketahui telah melakukan uji coba vaksin AstraZeneca pada 2200 orang. Dilansir dari Reuters, uji coba dan penelitian dilakukan dengan melibatkan orang-orang dari segala kelompok usia.

Bahkan 20 persen di antaranya merupakan orang-orang yang berusia di atas 60 tahun. 

Baca Juga: Ribuan Ikan Mati Terdampar di Pantai Chile

"Tidak ada kelompok usia, di antara perempuan atau laki-laki yang mengalami pembekuan darah dalam bentuk apapun," ujar Dr Maria Elena Santolaya, dari Universitas Chile.

Kampanye vaksinasi nasional dengan vaksin buatan Inggris itu kini tengah dilakukan Chile. Sebelumnya, negara tersebut diketahui telah memberikan vaksin Sinovac para 93 persen warganya.

Chile menjadi negara Amerika Latin yang paling cepat memberikan vaksinasi corona. Selain menerima 4 juta vaksin AstraZeneca, Chile juga mendapatkan 800 ribu dosis melalui aliansi vaksin COVAX.

Hasil sementara menunjukkan jika vaksin AstraZeneca 76 persen efektif melawan gejala Covid-19 di antara 34 ribu orang yang tersebar di Peru, Chile, dan Amerika Serikat.

"Pesan utama di balik semua ini adalah bahwa vaksin yang kami miliki di Chile untuk Covid-19, yakni Sinovac, Pfizer dan sekarang AstraZeneca, melindungi lebih dari 80 persen kasus terhadap penyakit serius," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US