Dekan FK UI: Rokok Membuat Seseorang Terkena Kanker Usus
iStock
Health

Dekan FK UI: Rokok Membuat Seseorang Terkena Kanker Usus

Alfath
Jumat, 14 Juni 2019 17:01 WIB 14 Juni 2019, 17:01 WIB

Prof Ari F Syam mengatakan bahwa rokok adalah salah satu faktor risiko utama pada kanker usus. Parahnya, hal ini bukan berlaku pada perokok aktif tetapi juga pada perokok pasif.

"Bukan hanya perokok aktif tapi juga perokok pasif. Beberapa kasus kanker usus yang saya temukan bukan pada perokok tapi orang terdekat dan sekitarnya merokok sehingga mereka yang terkena kanker usus besar tersebut merupakan perokok pasif," ujar Ari dilansir dari laman Antara.

Maka dari itu, ia menegaskan untuk lebih memperbanyak kawasan bebas rokok. Pasalnya, Indonesia sendiri diutarakannya adalah surganya bagi para perokok. Berbanding terbalik dengan negara maju dimana sudah sulit sekali mencari area merokok.

Selain kanker usus, merokok juga jadi faktor kegemukan. Faktor yang paling terlihat signifikan adalah faktor umur. Maka dari itu, kamu dianjurkan untuk menghindari rokok dan tak merokok lagi.

Oh ya, ketika kamu sudah merokok dan merasa baik-baik saja dengan usus kamu, maka kamu patut waspada jika ada gejala yang timbul seperti  buang air besar berdarah, pola defekasi yang berubah baik mudah diare atau sembelit secara bergantian, sakit perut berulang, berat badan turun, pucat tanpa sebab yang jelas bahkan apabila teraba benjolan di perut.

Pasalnya, gejala di atas menunjukkan bahwa kamu akan terkena kanker usus besar. So, masih mau merokok?

    TAG
    Indozone Media
    Indozone Media

    Alfath

    Editor
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE