Asal Tak Berlebihan, Kesehatan Jantung Bisa Dijaga Lewat Olahraga Ini
Ilustrasi (Unsplash.com/@Alexander Redi)
Health

Asal Tak Berlebihan, Kesehatan Jantung Bisa Dijaga Lewat Olahraga Ini

Sesuai kemampuan.

Selasa, 18 Februari 2020 16:05 WIB 18 Februari 2020, 16:05 WIB

INDOZONE.ID - Suami dari Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair meninggal dunia pada usia 40 tahun karena serangan jantung. Penyakit jantung bisa menyerang siapapun meski tak memiliki riwayat keturunan.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan rajin berolahraga. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa semakin rutin berolahraga, risiko penyakit jantung koroner ikut berkurang. Namun, tak semua olahraga efektif.

Berikut jenis-jenis olahraga yang baik untuk kesehatan jantung yang dilansir Indozone dari berbagai sumber, Selasa (18/2/2020).

1. Olahraga Kardio

Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Jantung
Ilustrasi. (Envatoelements/blas)

Olahraga kardio membantu jantung kamu bergerak lebih cepat. Aktivitas ini juga dapat menurunkan tekanan darah. Berlari, jogging, dan bersepeda adalah beberapa olahraga kardio yang bisa kamu lakukan.

Buat kamu yang jarang olahraga sebaiknya mulailah berolahraga kardio selama 20 hingga 30 menit dengan frekuensi sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu.

2. Yoga

Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Jantung
Ilustrasi. (Envatoelements/Pressmaster)

Olahraga yoga dapat membuat tekanan darah turun, dan pembuluh darah lebih elastis. Yoga bermanfaat untuk memperkuat otot inti dan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan badan.

Dilansir dari American Heart Association, psikolog konseling dan terapis yoga, Mala Cunningham mengatakan bahwa yoga bisa mengurangi dampak serangan jantung yang terjadi secara tiba-tiba.

3. Latihan Interval

Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Jantung
Ilustrasi. (Envatoelements/lzf)

Latihan interval merupakan salah satu olahraga mencegah penyakit jantung, meningkatkan kebugaran, diabetes, dan menurunkan berat badan. Kamu bisa berjalan kaki dengan kecepatan normal selama 3 menit dan melangkah lebih cepat selama 1 menit.

Semakin kuat intensitas kamu, detak jantung semakin tinggi sehingga akan menaikkan fungsi pembuluh darah serta membakar kalori lebih cepat. Detak jantung yang kuat akan membuat tubuh lebih efisien, secara otomatis akan mengurangi kadar  gula dan lemak dari darah.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU