Ingin Jumlah Sperma Lebih Banyak dan Berkualitas? Lakukan Ini!
Ilustrasi sperma kuat dan berkualitas (Pixabay)
Health

Ingin Jumlah Sperma Lebih Banyak dan Berkualitas? Lakukan Ini!

Sabtu, 14 Maret 2020 19:43 WIB 14 Maret 2020, 19:43 WIB

INDOZONE.ID - Kalau kamu peduli dengan kualitas sperma yang kamu hasilkan, mulai sekarang sebaiknya berhenti makan burger keju atau kentang goreng.

Penelitian terbaru menguji hubungan antara makanan dengan jumlah sperma rendah. Pria yang diuji dalam tes tersebut adalah mereka yang sering memakan pizza, kentang goreng, permen, soda, daging merah dan daging olahan.

Hasilnya, jumlah sperma mereka sekitar 26 juta lebih sedikit, dibandingkan pria yang tidak terlalu banyak memakan fastfood atau makanan tidak sehati lainnya.

Mereka yang melahap makanan tidak sehat juga punya level hormon reproduktif lebih rendah yang dibutuhkan untuk fertilitas optimal.

Sperma berkualitas menembus sel telur
Ilustrasi sperma berkualitas (pixabay)

Pria yang sering makan sehat seperti ikan, ayam, sayur, buah dan rutin meminum air, punya 43 juta sperma lebih banyak daripada para pria yang memakan makanan tidak sehat.

"Sperma Anda adalah apa yang Anda makan," kata Dr. Feiby Nassan dari Harvard T. H. Chan School of Public Health di Boston dilansir dari Reuters.

Agar memiliki produksi sperma yang baik, pria disarankan memakan makanan laut, unggas, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran yang menyediakan antioksidan dan asam lemak omega-3.

Makanan sehat untuk memperbaiki sperma
Ilustrasi makanan sehat (Unsplash)

Tapi, kamu harus sadari bahwa tubuh butuh sekitar waktu 3 bulan untuk memproduksi perbaikan sperma. Jangan berharap dengan mengubah pola hidup di hari ini, minggu depan hasilnya udah kelihatan.

Beberapa dekade terakhir, kualitas sperma dan tingkat hormon seks menurun secara substansial, didorong oleh pola makan tak sehat di banyak belahan negara, kata peneliti.

Namun, studi ini hanya fokus pada pria sehat dan muda yang mungkin belum pernah berusaha memiliki anak. Peneliti tidak memeriksa apa yang terjadi pada pria lebih tua yang ingin jadi ayah.

Selain pria, wanita yang sedang merencanakan kehamilan juga disarankan mengadopsi pola makan sehat, berhenti minum alkohol dan merokok.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US