Bukan Es Krim, Coba Makanan Sehat Ini saat Mood Nggak Bagus
Es Krim (Unsplash.com/Sarah Gualiteri)
Health

Bukan Es Krim, Coba Makanan Sehat Ini saat Mood Nggak Bagus

Makanan tingkatkan mood!

Sabtu, 08 Februari 2020 08:28 WIB 08 Februari 2020, 08:28 WIB

INDOZONE.ID - Kamu tengah bad mood? Biasanya kalau makan es krim, semua perasaan kesal akan hilang. Sayangnya, efek dari terlalu makan es krim membuat kamu jadi cepat lelah dan bikin makin lapar.

Kamu bisa mengganti beberapa makanan ini juga bisa membuat mood jadi membaik. Selain itu, kandungan nutrisinya juga bagus untuk kesehatan.

 Ilustrasi (Unsplash.com/Daniel Cold)
Ilustrasi (Unsplash.com/Daniel Cold)

Hal itu sesuai dengan penelitian yang dikeluarkan Harvard Medical School, 90% reseptor serotonin terletak di usus. Sebuah studi di World Journal of psikiatri mengungkapkan bahwa makanan dari sayuran hijau, seperti paprika bisa menghalau depresi. Sayuran hijau memiliki nutrisi seperti besi, folat dan vitamin B12.

Selain sayuran hijau, apa saja makanan lain yang sehat dan juga bisa tingkatkan mood? Indozone kutip dari Forbes, Sabtu (8/2/2020), Kristen Gradney, dari Louisiana Academy menuliskan daftarnya:

 Salmon (Unsplash.com/David B Townsend)
Salmon (Unsplash.com/David B Townsend)

Salmon

Salmon memiliki protein, vitamin B12, kalium dan nutrisi lainnya seperti zat besi dan vitamin D. Salmon juga tinggi dalam Omega-3 dan asam lemak baik tubuh untuk tubuh. Kandungan salmon juga memiliki zat yang menormalkan tubuh manusia dalam fungsi efek kognitif.

"Setelah makan salmon bisa membuat perasaan jadi lebih baik, karena merangsang kognitif. Bahkan, bisa mengurangi risiko Alzheimer dan penyakit jantung," ungkapnya.

 Dark Chocolate(Unsplash.com/Charisse Kenion)
Dark Chocolate(Unsplash.com/Charisse Kenion)

Dark Chocolate

Kaya akan antioksidan, yang baik untuk kesehatan jantung, kesehatan otak dan mencegah kanker. Antioksidan bekerja dengan menetralisir radikal bebas, molekul destruktif yang dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung. Bahkan, dark chocolate juga dapat membuat otak lebih tenang.

"Tidak perlu makan banyak cokelat untuk mendapatkan efek positifnya. Cukup sepotong saja, kamu bisa langsung merasakannya," ungkapnya.

 Kacang Almond (Unsplash.com/Sara Carvera)
Kacang Almond (Unsplash.com/Sara Carvera)

Kacang Almond

Rendah kalori dan memilliki kandungan lemak baik untuk tubuh. Juga antioksidan dan vitamin. Saat bad mood makan almond perasaan bisa lebih baik karena zat magnesium dapat membantu meningkatkan tingkat serotonin, penetralisir alami suasana hati.

"Kandungan lemak pada almond dianggap rendah, membuat bobot tubuh tak bertambah. Almond juga bisa membuat mood kamu membaik, lho!" ungkapnya.

Teh Hijau (Unsplash.com/Jia Ye)
Teh Hijau (Unsplash.com/Jia Ye)

Teh Hijau

Minum teh hijau memiliki dampak positif dalam membantu fungsi otak, serta meninggkatkan suasana hati. Selain itu, bisa juga mengurangi masalah kecemasan. 

"Daripada memilih camilan tak sehat saat mood nggak bagus, lebih baik meminum secangkir teh hijau. Selain meningkatkan mood juga bagus untuk kesehatan," katanya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU