The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Waspada, 4 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuan
Ilustrasi perempuan yang sedang sakit. (Pixabay)
Health

Waspada, 4 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuan

Hati-hati.

Rabu, 15 Januari 2020 12:00 WIB 15 Januari 2020, 12:00 WIB

INDOZONE.ID - Penyakit memang menyerang siapa saja, nggak melihat jenis kelaminnya. Namun, ada penyakit yang hanya bisa diderita oleh laki-laki saja, seperti kanker prostat. Sementara itu, perempuan juga bisa terkena kanker rahim yang nggak akan diderita oleh laki-laki.

Tapi ternyata ada beberapa penyakit yang lebih sering menyerang perempuan dibanding laki-laki lho. Hal ini bisa dikarenakan dari hormon, stres, gaya hidup, dan asupan makanan. Lalu, penyakit apa saja ya yang sering menyerang perempuan?

1. Depresi

depresi
Ilustrasi depresi. (Pixabay)

Depresi merupakan salah satu penyakit mental. Penyakit ini lebih serang menyerang perempuan, karena mereka lebih mudah mengalami stres dengan tingkat yang lebih tinggi dibanding laki-laki.

2. Celiac

celiac
Ilustrasi sakit perut. (Pixabay/Nastya_Gepp)

Penyakit ini menyerang sistem pencernaan dengan gejala seperti diare, kembung, dan perut mulas. Perempuan lebih sering mengalami penyakit celiac dengan diagnosa pada usia 45 tahun.

3. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih
Ilustrasi perempuan yang merasa sakit. (Pixabay/Counselling)

Perempuan lebih berisiko terkena infeksi saluran kemih, karena letak saluran kencing perempuan dekat dengan vagina dan rektum. Bakteri hidup lebih banyak pada bagian tersebut. 

4. Lupus

lupus
Ilustrasi penyakit lupus. (Unsplash/Pablo Varela)

Dikutip dari women's health, 90% penderita lupus adalah perempuan usia subur. Lupus adalah penyakit autoimun yang menyerang jaringan sehat, sehingga menimbulkan kerusakan pada organ dan kulit.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Mauliyana Puspa Adityasari