The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Usai Vaksinasi Covid-19, Ini Asupan yang Perlu Diperhatikan
Ilustrasi vaksin. (Pexels/Artem Podrez)
Health

Usai Vaksinasi Covid-19, Ini Asupan yang Perlu Diperhatikan

Penting untuk tubuh.

Kamis, 29 Juli 2021 06:01 WIB 29 Juli 2021, 06:01 WIB

INDOZONE.ID - Di masa pandemi, vaksinasi Covid-19 perlu dilakukan dengan harapan tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok. Mulai anak-anak hingga lansia pun penting mendapatkan vaksin ini.

Namun periode pasca vaksinasi sering membuat seseorang tidak memerhatikan asupan nutrisi. Padahal, asupan nutrisi penting untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh.

"Yang perlu kita perhatikan dalam menjaga kondisi tubuh yang sehat adalah rutin mengonsumsi nutrisi serta asupan gizi yang baik setiap hari," kata dr. Michael Reo, Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria dalam keterangan yang diterima Indozone.

Ia menjelaskan, sistem imunitas manusia terbagi menjadi dua, yaitu imunitas spesifik (adaptive immunity) dan imunitas non-spesifik (innate immunity).

Imunitas spesifik merupakan sistem imunitas yang utamanya diperankan oleh Limfosit B dan T dalam menghasilkan antibodi untuk melawan mikroorganisme seperti bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Sementara, imunitas non-spesifik, atau Innate Immunity juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

"Innate Immunity adalah pertahanan fisik atau mekanik, misalkan kulit, selaput lendir, silia saluran napas, batuk, dan bersin yang merupakan garis pertahanan terdepan terhadap mikroorganisme," lanjut dr. Michael.

Keutuhan kulit, lanjut dr. Michael, sangat penting untuk mencegah mikroorganisme seperti bakteri, virus, parasit, dan jamur yang masuk ke dalam tubuh melalui kulit. Oleh karena itu menjaga keutuhan kulit sebagai organ terbesar pada manusia adalah sangat penting.

Peran Vitamin C, D, E, dan Zinc dalam Menjaga Kekebalan Tubuh

Vitamin C berperan penting dalam mendukung sistem imunitas, terutama membantu sel-sel tubuh dalam memerangi infeksi. Vitamin C juga berperan penting dalam proses regenerasi sel, sehingga meningkatkan sistem imunitas tubuh.

"Konsumsi vitamin C harian yang direkomendasi adalah minimal 500 mg per hari dan maksimal 1000 mg per hari," kata dr. Michael.

Selanjutnya, vitamin D sangat penting untuk membantu sel darah putih dalam pertahanan sistem imunitas tubuh. Asupan vitamin D yang cukup dapat menurunkan risiko peradangan dan infeksi saluran pernapasan.

Kemudian ada vitamin E yang juga memegang peranan penting untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kelembapan kulit, dan berfungsi sebagai antioksidan dalam melawan radikal bebas.

BACA JUGA: Studi: Smartphone Bisa Bikin Remaja Obesitas

"Penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin E (alpha-tocopherol) terutama di setiap lapisan kulit akan berkurang setiap hari karena terpapar oleh radikal bebas. Konsumsi vitamin E secara konsisten sangat membantu menjaga keutuhan kulit untuk mencegah masuknya virus dan bakteri ke dalam tubuh serta mengaktifkan sistem kekebalan tubuh (di antara nya mengaktifkan sistem antibodi," kata dr. Michael.

Sementara zinc juga berguna melindungi jaringan dalam tubuh dan membantu mencegah patogen-patogen asing yang masuk.

"Mengonsumsi Zinc dalam jangka panjang umumnya aman untuk orang dewasa yang sehat, selama dosis hariannya tak melebihi dari 30 mg," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US