The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kamu Harus Tau Perawatan Luka Diabetes, Gejala dan Penyebab
Ilustrasi diabetes. (Freepik)
Health

Kamu Harus Tau Perawatan Luka Diabetes, Gejala dan Penyebab

Minggu, 27 November 2022 11:30 WIB 27 November 2022, 11:30 WIB

INDOZONE.ID - Luka diabetes menjadi permasalahan buruk pasien. Namun bukan berati luka diabetes tak bisa sembuh jika perawatan dan pengobatannya sesuai prosedur dokter.

Berdasarkan data dari IDF Diabetes Atlas 2021, penderita diabetes di dunia diperkirakan mencapai 537 juta orang, serta akan meningkat hingga 643 juta pada tahun 2030 dan 783 juta orang pada tahun 2045. Pada tahun 2021, penyakit ini menyebabkan 6,7 juta kasus kematian.

Diabetes disebabkan oleh gaya hidup yang salah atau faktor genetik atau keturunan. Diabetes juga bisa diakibatkan oleh faktor lain yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, seperti terlalu banyak mengonsumsi minuman manis dan bersoda, kegemukan, kurang istirahat, maupun kurang olahraga.

Baca Juga: Dokter: Penderita Diabetes Boleh Makan Cokelat dan Bisa Berumur Panjang

Banyak hal yang perlu kaum tahu soal luka diabetes ini. Mulai penyebab, gejala hingga perawatan dan pengobatannya.

Berikut deretan pemicu mengapa luka diabetes sulit sembuh seperti dijelaskan Dokter Perawatan Luka, dr. Adisaputra Ramadhinara, MSc, WSP, FACCWS.

1. Ketahuannya terlambat terdeteksi. 
2. Diabetes komplikasi dengan sistem pembuluh darah terganggu.
3. Menghambat penyembuhan luka, proses infeksi sulit diredam, sering terjadi perawatan luka yang tak maksimal, padahal luka bisa sembuh.
4. Jaringan mati total, infeksi parah, yang tadinya diamputasi sebenarnya bisa tertolong, jadi luka enggak mungkin enggak sembuh, tapi lebih lama, lebih kompleks. 

Baca Juga: Cegah Diabetes di Indonesia Melonjak Melalui Kampanye GGC, Apa Itu?

Gejala diabetes

Sebelum kondisi luka diabetesi memburuk, perlu diketahui sejumlah gejala penyakit diabetes. Sering buang air kecil terutama malam hari, cepat merasa lapar, berat badan menurun walaupun nafsu makan bertambah, cepat merasa lelah, gatal-gatal, kesemutan, gairah menurun, hingga penglihatan berkurang.

Cara mencegah luka diabetes

“Cara mencegah luka diabetes pada kaki ialah dengan menghindari olahraga yang memberikan banyak benturan ke kaki, memilih sepatu sesuai dengan aktivitas yang dilakukan, selalu menggunakan alas kaki lengkap dengan kaos kaki, dan rutin periksa dan cek kondisi kaki setiap hari," kata dr Adi saat Talkshow Kalbe x Wellings: Solusi Modern Perawatan Luka Penderita Diabetes.

Pola makan, kadar gula dan nutrisi harus dijaga baik, Nutrisi seperti mikronutrien, vitamin c, zinc, nambah suplemen untuk menjaga aktivitas sel sampai membangun kembali jaringan rusak.  

"Kemudian, jika mengalami gejala yang berhubungan dengan kaki diabetik, segera konsultasi ke dokter untuk mendapat perawatan yang tepat,” jelas dr. Adi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Dewi Kania
Editor
JOIN US
JOIN US