The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Konsumsi Ganja, 6 Anak di Bawah Umur Alami Efek Samping Tak Biasa, Ada yang Usia 3 Tahun
Ilustrasi ganja. (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Health

Konsumsi Ganja, 6 Anak di Bawah Umur Alami Efek Samping Tak Biasa, Ada yang Usia 3 Tahun

Rabu, 29 Juni 2022 16:37 WIB 29 Juni 2022, 16:37 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu yang lalu Thailand secara resmi melegalkan ganja. Namun, lihatlah apa yang terjadi sekarang, legalisasi ganja telah menyebabkan beberapa hal buruk terjadi.

Belum lama ini Thailand melaporkan enam orang anak di bawah umur menderita gejala aneh setelah mengonsumsi ganja.

Dilansir Thai PBS, seorang gadis berusia 3 tahun termasuk di antara enam anak di bawah umum yang menderita efek yang tidak diinginkan di antara tanggal 21 sampai 26 Juni 2022.

Gadis 3 tahun itu tidak tahu bahwa makanan yang dikonsumsinya mengandung ganja, menurut Royal College of Paediatricians of Thailand dan Paediatrics Society of Thailand.

Baca juga: Bareskrim Polri soal Ganja Medis: Tetap Berpedoman Narkotika Golongan Satu

Berdasarkan laporan tersebut, Asst. Prof. Dr. Opass Putcharoen, kepala Pusat Klinis Penyakit Menular Muncul di Rumah Sakit Chulalongkorn, mengatakan dalam posting Facebook-nya pada Selasa (28/6/2022), gadis kecil itu memakan sebagian kue, yang mengandung ganja, yang dibeli dan disimpan oleh seorang kerabatnya. Dia menjadi mengantuk dan tenang setelah makan kue tersebut.

Kasus kedua terjadi pada pasien psikiatris berusia 14 tahun, yang tidak minum obat selama dua minggu. Dia dilaporkan merokok sebatang rokok, yang disediakan oleh seorang teman untuk menghilangkan stres, tidak mengetahui bahwa rokok mengandung ganja. Setelah merokok dia mulai bingung dan suasana hatinya berubah.

Kasus ketiga terjadi pada remaja berusia 17 tahun di provinsi Phichit dilaporkan telah mengonsumsi bunga ganja. Dia mengalami halusinasi, menjadi agresif dan mencoba melukai dirinya sendiri.

Kasus berikutnya terjadi pada anak usia 16 tahun, dia mengisap ganja yang diberikan oleh seorang teman. Tak lama kemudian dia mengembangkan kecemasan yang ekstrem dan mencoba melukai dirinya sendiri.

Kasus lain terjadi pada remaja 17 tahun di Nakhon Si Thammarat mengaku kepada gurunya bahwa ia telah menggunakan ganja selama sekitar satu tahun, setelah guru tersebut menyadari bahwa ia kehilangan berat badan dan tampak tenang.

Seorang anak berusia 16 tahun di Bangkok, yang memiliki riwayat masalah kejiwaan, mencoba cokelat yang mengandung ganja, hal tersebut membuatnya muntah, cemas dan mulai berhalusinasi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US