The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wanti-Wanti Kemenkes Soal Faskes yang Tolak Pasien COVID-19, Masyarakat Diminta Melapor!
Petugas medis melakukan tes usap PCR terhadap pasien di selasar Ruang IGD RSUD Cengkareng, Jakarta, Desembar 2021. (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Fauzan)
Health

Wanti-Wanti Kemenkes Soal Faskes yang Tolak Pasien COVID-19, Masyarakat Diminta Melapor!

Terutama pasien yang memerlukan tindakan cepat.

Minggu, 04 Desember 2022 11:15 WIB 04 Desember 2022, 11:15 WIB

INDOZONE.ID - Situasi pandemi COVID-19 di Indonesia diklaim terkendali. Namun, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menekankan kepada seluruh fasilitas kesehatan (faskes) tetap menerima pasien yang membutuhkan perawatan dengan infeksi COVID-19.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr Mohammad Syahril, sebagai respons atas temuan rumah sakit yang menolak pasien COVID-19 untuk dirawat. Meski demikian, ia tidak menyebutkan secara rinci faskes mana yang tidak menerima pasien.

Baca juga: Jepang Bakal Izinkan Pasien COVID-19 Tanpa Gejala Keluar Rumah Asal Pakai Masker

"Perlu diperjelas dan disampaikan kepada seluruh masyarakat, dalam kebijakan Kementerian Kesehatan, tidak ada faskes yang boleh menolak perawatan pasien COVID-19," kata Syahril dalam konferensi pers, Minggu (4/12/2022).

Berdasarkan kebijakan yang telah ditetapkan Kemenkes, sekitar 10 persen dari tempat tidur rumah sakit harus disiapkan untuk pasien COVID-19.

Baca juga: Sah! BPOM Izinkan Penggunaan Paxlovid untuk Pengobatan Pasien COVID-19, Amankah?

"Rumah sakit harus ada fasilitas yang siap untuk merawat pasien (COVID-19) yaitu sekitar 10 persen dari tempat tidurnya," ucap Syahril.

Selanjutnya, Syahril mengimbau kepada seluruh masyarakat supaya melaporkan faskes yang masih menolak perawatan pasien COVID-19 ke Kemenkes RI. Terlebih jika pasien tersebut memerlukan tindakan cepat.

"Jadi, mohon sampaikan kalau memang ada data ini (faskes yang menolak pasien COVID-19). Tentu kami akan lakukan tindakan-tindakan yang sesuai dengan aturan yang kami berlakukan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Razdkanya Ramadhanty
JOIN US
JOIN US