Agar Makin Kuat, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur
Ilustrasi menu telur. (Pexels/Trang Doan)
Health

Agar Makin Kuat, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur

Apa saja?

Selasa, 28 April 2020 13:03 WIB 28 April 2020, 13:03 WIB

INDOZONE.ID - Meski berat, puasa di tengah pandemi virus corona tetap dijalani dengan semangat. Sudah masuk hari ke-3 puasa, gimana masih bingung besok mau sahur dengan menu apa? Memilih menu santap sahur memang nggak bisa dianggap remeh karena makanan dan minuman saat sahur menentukan kecukupan energi yang disimpan oleh tubuh selama menjalani puasa sehari penuh.

Pada dasarnya makanan saat sahur harus mengandung nutrisi dan gizi yang seimbang, di antaranya karbohidrat, protein, mineral vitamin dan serat. Olahan makanan dan minuman ini mampu memberikan kesiapan tubuh untuk menahan rasa lapar dan haus di siang hari. Berikut daftar menu makanan saat sahur yang bisa kamu konsumsi.

1. Ikan

Agar Makin Kuat, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur
Ilustrasi olahan ikan. (Pexels/Malidate Van)

Sebagai bahan makanan yang mengandung protein tinggi, baik bagi tubuh apabila mengonsumsinya di waktu sahur. Untuk mempertahankan protein dan vitamin pada ikan, kamu bisa mengolahnya dengan cara dipepes, steam, dan sup.

Hindari memasak ikan dengan cara digoreng. Karena kandungan minyak yang ada pada ikan goreng akan membuat tubuh lemas dan cepat merasa haus saat puasa.

2. Ayam

Agar Makin Kuat, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur
Ilustrasi olahan ayam. (Pexels/Lukas)

Sama seperti ikan, ayam juga mengandung protein yang sangat tinggi. Ada yang mengatakan bahwa mengonsumsi ayam bisa menyebabkan dehidrasi. Namun, hal ini bisa dihindari apabila pengolahannya tepat. Pilihlah daging ayam bagian dada, selain memiliki serat lebih banyak, dada ayam juga membuat kenyang lebih lama. Hindari mengonsumsi paha atau sayap yang mengandung air lebih banyak. Saat memasak ayam, kamu bisa mengukus, pepes, bakar atau sup.

3. Sayuran

Agar Makin Kuat, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur
Ilustrasi sayuran. (Pexels/Magda Ehlers)

Penuhi asupan mineral dan vitamin dengan rutin mengonsumsi sayuran saat sahur. Sebagai sumber serat, sayur juga bisa membuat tubuh terasa kenyang lebih lama. Pilih sayuran hijau atau kombinasi seperti sup, bayam, tumis pakcoy, brokoli. Hindari tumis kangkung saat sahur, karena bisa membuat tubuh lemas saat puasa.

4. Telur

Agar Makin Kuat, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur
Ilustrasi menu telur. (Pexels/Trang Doan)

Telur menjadi bahan makanan yang cukup lengkap karena mengandung protein, vitamin, serat dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya murah, telur juga dapat menjadi menu lezat yang enak yang bisa menahan rasa lapar lebih lama karena proses pencernaan protein pada telur lebih lambat. Kamu bisa membuat sajian telur kecap kekinian sebagai menu santap sahur. Ada juga telur dadar yang berisikan sayuran, telur kukus yang disajikan dengan salad.

5. Oatmeal

Agar Makin Kuat, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur
Ilustrasi oatmeal. (Pexels/Life Of Pix)

Bagi pelaku diet yang enggan mengonsumsi nasi, bisa diganti dengan oatmeal. Olahan gandum yang tinggi serat ini mengandung karbohidrat kompleks yang mampu mencukupi kebutuhan tubuh selama puasa. Mengolah oatmeal bisa bermacam-macam lho tergantung dari jenis oatmeal yang kamu pilih. Misalnya, mencampurkan oat dengan susu, yoghurt, buah, sayur, kacang dan lainnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani
Syarifah Noer Aulia

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US