Benarkah Minum Teh Hijau Bikin Hidup Lebih Panjang?
Ilustrasi. (Envatoelements/Deniskarpenkov)
Health

Benarkah Minum Teh Hijau Bikin Hidup Lebih Panjang?

Minum secara rutin.

Selasa, 18 Februari 2020 09:45 WIB 18 Februari 2020, 09:45 WIB

INDOZONE.ID - Sejak lama teh menjadi panganan yang paling sering diolah oleh masyarakat dunia khususnya Asia. Sebagai minuman yang anti-oksidan tinggi, teh kerap dijadikan sebagai bahan pelengkap untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Lalu apakah benar, apabila kita mengonsumsi teh hijau secara rutin bisa meningkatkan kualitas hidup kita lebih lama?

Dilansir dari Asiaone, Selasa (18/2/2020), sebuah penelitian yang dilakukan Akademi Ilmu Kedokteran di Tiongkok melakukan tes pada 100.902 orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Dalam penelitian ini, mereka terbagi dalam dua kelompok yakni orang yang terbiasa minum teh tiga kali seminggu dan orang yang jarang atau tidak suka minum teh hijau.

Penelitian yang telah dilakukan selama tujuh tahun berturut-turut ini berhasil mengungkapkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi teh hijau cenderung memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan lebih lama.

Dalam sebuah European Journal of Preventive Cardiology menjelaskan kelompok dengan riwayat penyakit jantung memiliki peluang hidup 15% lebih besar daripada kelompok yang tidak suka minum teh hijau.

Benarkah Minum Teh Hijau Bikin Hidup Lebih Panjang?
Ilustrasi. (Envatoelements/Rawpixel)

Bila ditelusuri lebih jauh, kelompok yang rutin mengonsumsi teh hijau memiliki risiko 39% lebih rendah dari penyakit jantung dan stroke, 56% lebih rendah risiko penyakit jantung dan stroke yang fatal, dan 29% penurunan risiko semua penyebab kematian, dibandingkan dengan peminum teh hijau yang tidak pernah atau tidak terbiasa.

"Terdapat senyawa bioaktif yakni polifenol dalam teh hijau yang membuat tubuh bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, teh juga bisa melindungi jantung dari gangguan pembuluh darah dan lainnya," ujar Dongfeng Gu.

Di antara banyaknya varian teh, masyarakat Asia lebih familiar dengan keberadaan teh hijau. Hal ini bisa dibuktikan bahwa ada sekitar 49% peminum teh hijau setiap harinya. Sedangkan yang menyukai teh hitam hanya 8% saja.

Sudah nggak heran kan, kenapa teh hijau begitu populer. Selain rasanya yang enak, khasiat teh hijau juga nggak kalah penting. Terutama bagi seseorang dengan riwayat penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Namun, bagi kamu yang nggak suka dengan teh hijau bisa juga mencoba teh hitam yang telah dicampur susu.

"Keduanya minuman ini memiliki manfaat dan efek yang sama bagi kesehatan," tutupnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Yulia Marianti
Syarifah Noer Aulia